Mengetahui Detail Mesin Diesel Baru Berkode GD Buatan Toyota

Mengetahui Detail Mesin Diesel Baru Berkode GD Buatan Toyota

2121
0
BERBAGI

Bulan Mei kemarin Toyota resmi memperkenalkan mesin diesel terbarunya yang akan disematkan untuk Toyota Innova, Fortuner, dan HiLux produksi tahun 2016. Mesin diesel baru yang dimaksud adalah mesin diesel berkode GD.

Toyota telah menyematkan beberapa teknologi baru pada mesin diesel berkode GD tersebut, seperti teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR). Teknologi ini mampu mengurangi emisi NOx hingga sebesar 90% dan akan disematkan baik untuk mesin 1GD-FTV 2.8 liter maupun mesin 2GD-FTV 2.4 liter.

Mesin GD Toyota

Toyota menganggap bahwa mesin 1GD-FTV 2.8 liter merupakan mesin yang mempunyai efisiensi thermal paling baik, mencapai 44%. Bila dibandingkan dengan mesin KD, torsi maksimum pada mesin diesel GD meningkat sebesar 25%, sedangkan saat dijalankan pada kecepatan rendah torsinya meningkat sebesar 11%. Selain itu, tingkat konsumsi bahan bakar juga lebih irit sebesar 15%.

Mesin 1GD-FTV 2.8 liter mampu menghasilkan tenaga sebesar 175 hp dan torsi sebesar 450 Nm, sementara untuk mesin 2GD-FTV 2.4 liter mampu mengeluarkan tenaga sebesar 148 hp dan torsi 400 Nm.

Mesin GD Toyota

Teknologi lainnya adalah Thermo Swing Wall Insulation Technology yang dipadukan dengan pemakaian silica reinforced porous anodized aluminum (SiRPA) pada piston. Perpaduan keduanya diklaim Toyota mampu mengurangi cooling loss selama pembakaran hingga sebesar 30%. SiRPA sendiri adalah material dengan tingkat isolasi dan pelepasan energi yang tinggi, material ini mudah panas dan juga mudah dingin.

Mesin GD Toyota

Selain itu, turbo VGT (variable geometry turbocharger) yang disematkan oleh Toyota untuk mesin barunya merupakan hasil ciptaan Toyota sendiri, dimensinya lebih kecil 30% bila dibandingkan dengan turbo lainnya. Turbin didesain untuk meningkatkan efisiensi, begitupula dengan impeller yang diyakini mampu meningkatkan akselerasi agar lebih spontan dan menghasilkan torsi maksimum pada rentang putaran mesin yang lebih luas.

Mesin GD Toyota

Mesin diesel GD akan secara bertahap menggantikan mesin KD. Tahun 2016 nanti Toyota mengharapkan mereka mampu memproduksi mesin GD sebanyak 700.000 unit dan sudah dipasarkan pada 90 negara. Baru pada tahun 2020, Toyota menargetkan mesin GD sudah dipasarkan di 150 negara.

Spesifikasi Mesin GD Toyota

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY