Nissan Grand Livina merupakan salah satu mobil keluarga yang populer di Indonesia. Mobil ini memiliki transmisi continuously variable transmission (CVT) yang membutuhkan oli khusus untuk menjaga performa dan keawetannya. Namun, apakah oli CVT yang digunakan harus selalu merek Nissan? Bagaimana jika menggunakan oli CVT merek Idemitsu yang juga diproduksi oleh perusahaan pelumas asal Jepang yang sama?

Menurut Jamaludin, Head of Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI), semua mobil merek Nissan saat ini sudah menggunakan oli CVT dengan spesifikasi NS3, termasuk Grand Livina seri L11. Oli CVT ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan oli CVT spesifikasi NS2 yang digunakan pada CVT X-Trail 2008.

Jamaludin mengatakan, oli CVT memiliki formula khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan transmisi CVT, seperti viskositas, friksi, dan ketahanan terhadap panas. Jika menggunakan oli CVT yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan, maka ada potensi performa transmisi menurun, masa pakai transmisi berkurang, bahkan kerusakan transmisi.

Oleh karena itu, Jamaludin menyarankan agar pengguna Grand Livina menggunakan oli CVT merek Nissan yang sudah tersedia di bengkel resmi Nissan. Namun, jika ingin menggunakan oli CVT merek Idemitsu, maka harus memastikan bahwa oli tersebut memiliki spesifikasi NS3 yang sama dengan oli CVT merek Nissan.

Rofiq Zunarto, Pemilik Kebat Motors Spesialis Nissan & Datsun Bintaro, mengatakan bahwa Grand Livina bisa menggunakan oli CVT merek Idemitsu, asalkan sesuai dengan spesifikasi NS3. Menurutnya, selama ini ia menggunakan oli CVT merek Idemitsu untuk Grand Livina dan tidak ada masalah, asalkan interval penggantian oli dilakukan setiap 30.000 km. Jika menggunakan oli CVT merek Nissan, interval penggantian oli bisa lebih lama, yaitu setiap 40.000 km.

Rofiq Zunarto menambahkan, oli CVT merek Idemitsu yang banyak beredar di pasaran saat ini masih memiliki spesifikasi NS2, yang lebih murah dari oli CVT spesifikasi NS3. Ia mengingatkan agar pengguna Grand Livina tidak menggunakan oli CVT spesifikasi NS2, karena bisa berisiko merusak transmisi CVT.

Idemitsu sendiri telah memproduksi oli CVT spesifikasi NS3 dengan merek Idemitsu CVTF tipe N3, yang diklaim cocok untuk transmisi CVT merek Nissan atau Infiniti. Oli CVT ini memiliki kemasan berwarna biru dengan tulisan NS3 di bagian depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini