4 Tips Persiapan Berkendara dengan Mobil Pribadi Saat Mudik

4 Tips Persiapan Berkendara dengan Mobil Pribadi Saat Mudik

1163
0
BERBAGI

Menjelang hari raya Lebaran yang semakin dekat, banyak pemudik yang sudah melakukan persiapan baik membeli tiket angkutan umum maupun mempersiapkan kendaraan pribadi.

Mudik dengan mengendarai mobil pribadi kerap menjadi pilihan. Selain lebih fleksibel, beberapa kalangan menganggap mudik dengan berkendara dengan mobil sendiri layaknya sebuah tradisi yang tidak boleh absen dilakukan setiap tahunnya.

Kali ini kami akan merangkum beberapa tips yang bisa anda terapkan jika ingin mengendarai sendiri mobil anda saat mudik Lebaran nanti.

1. Cek mobil yang akan digunakan untuk mudik

Ini menjadi hal utama untuk anda perhatikan demi keamanan dan kenyamanan mudik. Lakukan pengecekan kondisi mesin, transmisi, rem, kelistrikan, suspensi, roda atau ban, dan wiper. Semakin dini masalah teratasi, semakin nyaman dan aman pula perjalanan mudik anda.

2. Jaga kondisi tubuh

Karena anda akan menyetir mobil anda sendiri, pastikan kondisi tubuh tetap fit dan bugar selalu. Hindari menyetir dalam kondisi badan lelah dan mengantuk. Jika anda merasakan gejala kantuk seperti sering menguap dan konsentrasi berkurang, segera menepi dan beristirahat.

Idealnya, anda harus beristirahat setelah menyetir selama 2-3 jam. Anda juga disarankan untuk tidur 10-45 menit sebelum memulai perjalanan. Hindari makan berlebihan karena kekenyangan bisa mengakibatkan mudah terserang kantuk.
3. Perhatikan aspek keselamatan

Perhatikan semua aspek keselamatan saat berkendara, seperti menggunakan seat belt dengan benar, memastikan leak kaca spion, menjaga jarak aman dengan kendaraan di sekitar dan lain-lain.

4. Fokus dan konsentrasi

Konsentrasi adalah hal yang wajib anda pertahankan selama berkendara, terutama jika anda sudah mendekati tujuan. Biasanya konsentrasi menjadi berkurang saat jarak mendekati 5-10 kilometer menjelang tujuan akibat ingin cepat-cepat sampai.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY