Begini Cara Benar Dalam Memegang Setir Mobil

Begini Cara Benar Dalam Memegang Setir Mobil

2573
0
BERBAGI

Salah satu hal yang perlu diperhatikan pada saat anda mengemudikan mobil adalah posisi memegang setir. Ya, walaupun kelihatannya sepele, akan tetapi masih banyak pengemudi yang salah memposisikan tangan mereka dalam memegang setir.

Kesalahan yang biasanya sering dilakukan oleh pengemudi adalah memegang setir dengan satu tangan. Hal itu tentu saja sangat berbahaya, karena setir tidak akan stabil, dan bahkan jika pengemudi dalam keadaan sangat lelah mobil bisa melaju keluar jalur dengan cepat.

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah posisi kedua tangan berada pada satu titik. Posisi seperti ini akan membuat manuver setir ketika berbelok menjadi tidak maksimal dan tidak efektif, sehingga akan mengganggu proses berkendara.

Kesalahan lainnya adalah ibu jari mengunci di palang kemudi. Posisi ini bisa menghalangi kontrol tangan terhadap lingkar kemudi, sehingga mobil tidak bisa dikendalikan secara maksimal.

Nah, lantas bagaimanakah cara memegang setir yang benar? Ada dua posisi yang bisa anda lakukan, posisi tangan berada pada arah jam 3 dan 9, posisi ini bisa anda lakukan bila sedang melaju pada kecepatan sedang. Namun jika anda sedang memacu mobil pada kecepatan tinggi, posisikan tangan anda pada arah jam 10 dan 2. Namun dua posisi tersebut tidak berlaku mutlak, hal yang paling penting adalah kenyamanan anda saat memegang setir.

Baca Juga Mengenai: Begini Cara Merawat Power Steering Mobil Agar Lebih Awet

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY