Mengetahui Jenis Kerusakan Yang Terjadi Pada Torque Converter Mobil Matic

Mengetahui Jenis Kerusakan Yang Terjadi Pada Torque Converter Mobil Matic

4173
0
BERBAGI

Bagi anda yang mengendarai mobil matic, mungkin mesin mobil anda pernah mengalami overheating pada saat sedang dalam keadaan berhenti. Penyebab terjadinya overheating tersebut bisa jadi karena terdapat kerusakan pada torque converter.

Torque converter merupakan komponen yang membatasi antara mesin dengan transmisi. Komponen ini mempunyai fungsi agar mobil matic bisa berhenti sementara tanpa menyebabkan transmisi menerima dorongan terus menerus dari mesin. Tidak hanya menyebabkan overheating, torque converter yang sudah rusak bisa menyebabkan selip dan bahkan juga bisa menyebabkan kerusakan pada transmisi.

Torque ConverterKerusakan yang terjadi pada torque converter-pun berbeda-beda, dan pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan beberapa kerusakan yang sering terjadi pada komponen tersebut.

1. Kerusakan Pada Bearing

Permasalahan yang paling umum terjadi adalah kerusakan pada bearing. Apabila bearing rusak, maka komponen seperti stator, impeller, turbin, serta rumah konversi yang seharusnya bekerja secara terpisah berisiko bisa saling bergesekan secara langsung. Tidak hanya akan merusak torque converter, pecahan metal yang terbawa oleh pelumas juga bisa menyebar ke komponen lainnya.

2. Terjadinya Kebocoran atau Kerusakan Pada Gasket

Torque converter bisa bekerja secara maksimal berkat adanya pelumas. Bila terjadi kebocoran atau kerusakan pada gasket, maka jumlah pelumas akan berkurang dan menyebabkan torque converter tidak bisa bekerja secara maksimal. Akibatnya, mesin menjadi mudah panas serta transmisi menjadi slip atau terlambat.

3. Kerusakan Pada Kopling Torque Converter

Kopling torque converter yang rusak bisa menyebabkan mobil terus berjalan walaupun sudah diposisikan dalam keadaan berhenti. Kegagalan kopling torque converter sendiri memang sulit untuk dideteksi, dan biasanya terjadi karena disebabkan oleh getaran yang membuat komponen di dalamnya saling mengunci.

4. Permasalahan Pada Solenoid Kopling Torque Converter

Komponen ini merupakan perangkat elektronik yang bertugas untuk mengontrol jumlah pelumas yang masuk ke torque converter. Bila terjadi kerusakan pada komponen ini, maka jumlah pelumas yang masuk bisa terlalu banyak atau terlalu sedikit. Akibatnya mesin mobil bisa mati atau mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Baca Juga Mengenai : Ini Dia Arti Simbol Yang Ada Pada Tuas Transmisi Mobil Matic

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY