Mobil LCGC Jangan Coba-Coba Pakai Pertalite

Mobil LCGC Jangan Coba-Coba Pakai Pertalite

3861
0
BERBAGI

Hari ini, Jumat (24/7/2015) Pertamina telah resmi meluncurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis baru, yakni Pertalite. Bahan bakar tersebut mempunyai kadar Research Octane Number (RON) 90 dan sedang diujicoba di tiga kota besar di Indonesia terlebih dahulu.

Pertalite sendiri diposisikan berada di antara Premium dan Pertamax, akan tetapi ada hal yang harus diperhatikan, yaitu mobil murah alias mobil LCGC (Low Cost Green Car) dianjurkan untuk tidak menggunakan bahan bakar jenis ini.

Pasalnya, saat regulasi LCGC terbit pada tahun 2013, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi agar mobil tersebut bisa masuk ke dalam kategori mobil LCGC. Ketentuan yang dimaksud seperti menggunakan mesin berkapasitas 980 cc – 1.200 cc, memiliki ground clearance 150 mm, radius putar maksimal 4,6 m, konsumsi bahan bakar minimal berada di angka 20 km/liter, serta wajib memenuhi spesifikasi BBM minimal menggunakan RON 92 atau Pertamax.

Dengan ketentuan tersebut jelas sudah jika mobil LCGC diwajibkan untuk “meminum” bahan bakar minimal Pertamax yang mempunyai kadar RON 92. Mobil LCGC sangat tidak disarankan untuk menggunakan Pertalite yang mempunyai kadar RON 90.

Sampai saat ini terdapat enam mobil yang masuk ke dalam kategori LCGC, diantaranya Honda Brio Satya, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R, Datsun Go, serta Datsun Go+.

Nah, bila anda juga mempunyai mobil LCGC, pastikan jika kendaraan anda selalu menggunakan bahan bakar jenis Pertamax.

Baca Juga Mengenai : Tiga Kota Ini Akan Jadi Kota Pertama yang Menyediakan Pertalite 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY