Inilah Dampak Penggunaan Pertalite Sebagai Bahan Bakar Mobil LCGC

Inilah Dampak Penggunaan Pertalite Sebagai Bahan Bakar Mobil LCGC

1970
0
BERBAGI

Seperti yang sudah diketahui, hari ini Pertamina telah resmi meluncurkan Pertalite, BBM yang mempunyai kadar Research Octane Number (RON) 90. Bahan bakar jenis ini tidak dianjurkan dipakai oleh mobil yang termasuk dalam kategori LCGC (Low Cost Green Car). Hal itu dikarenakan mobil yang masuk dalam kategori LCGC harus memenuhi beberapa ketentuan, seperti konsumsi bahan bakar minimal berada di angka 20 km/liter serta wajib menggunakan bahan bakar dengan kadar RON 92 atau sekelas Pertamax.

Lantas dampak apakah yang terjadi pada mobil LCGC jika dipaksa untuk tetap “meminum” Pertalite? Tentu saja kinerja mesin akan menjadi terganggu, terlebih dalam mencapai efisiensi konsumsi bahan bakar 20 km/liter. Bahkan apabila terus-terusan dipaksa menggunakan jenis bahan bakar yang tidak sesuai, mesin akan mengalami kerusakan.

Selain itu, Indriani Widjaja selaku Head of Datsun Indonesia yang juga ikut memasarkan mobil LCGC menjelaskan jika terjadi kerusakan mesin akibat penggunaan BBM dengan kadar RON di bawah 92 maka garansi akan gugur.

Tentu saja penggunaan jenis BBM untuk mobil LCGC dikembalikan kepada pilihan para pemilik mobil. Akan tetapi bila anda termasuk orang yang concern terhadap kendaraan, pastikan untuk selalu menggunakan jenis bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan anda.

Baca Juga Mengenai : Mobil LCGC Jangan Coba-Coba Pakai Pertalite

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY