Mengenal Lebih Jauh Tentang Bahan Bakar Minyak Jenis Pertalite

Mengenal Lebih Jauh Tentang Bahan Bakar Minyak Jenis Pertalite

1071
0
BERBAGI

Saat ini pilihan jenis bahan bakar yang dipasarkan di dalam negeri menjadi semakin variatif berkat hadirnya BBM jenis baru, yaitu Pertalite. BBM jenis ini mempunyai kadar RON (Research Octane Number) 90 dan merupakan BBM non subsidi dengan nilai oktan paling rendah.

Pertalite sendiri menggunakan bahan baku pembuatan yang sama seperti Pertamax, sehingga Pertamina mengklaim bahwa Pertalie merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan. Terbuat dari bahan dasar berupa zat HOMC, Naphta, serta zat ecosave membuat hasil emisi karbon Pertalite mendekati Pertamax.

Bila Pertamax menghasilkan emisi karbon sebesar 2,67 mg/karbon, maka Pertalite menghasilkan emisi karbon sedikit lebih tinggi, yakni sebesar 3,5 mg/karbon. Sedangkan emisi karbon paling tinggi dihasilkan oleh Premium yang mencapai 4,42 mg/karbon.

BBM jenis Pertalite dijual seharga Rp 8.400,00 per liter dan hadir dengan kualitas hampir setara seperti Pertamax namun mempunyai harga yang lebih terjangkau. Bahan bakar ini dikatakan cocok digunakan untuk mesin dengan kompresi 1:9 – 9,5, akan tetapi bagi anda yang memiliki mobil LCGC disarankan untuk tidak menggunakan Pertalite.

Baca Juga Mengenai : Dampak Apakah Yang Terjadi Bila Mobil LCGC Tetap Menggunakan Pertalite

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY