Dampak Apa Yang Terjadi Jika Mengganti Pertamax ke Pertalite?

Dampak Apa Yang Terjadi Jika Mengganti Pertamax ke Pertalite?

1840
0
BERBAGI

PT Pertamina telah resmi meluncurkan bahan bakar minyak jenis baru, Pertalite. Bahan bakar ini diposisikan untuk berada di antara Premium dengan Pertamax lantaran Pertalite mempunyai RON 90, lebih tinggi dari Premium yang mempunyai RON 88 tetapi lebih rendah dari Pertamax yang mempunyai RON 92.

Dilihat dari angka oktan yang dikandungnya, Pertalite tentu saja lebih bagus bila dibandingkan dengan Premium, namun masih kalah berkualitas dari Pertamax. Pertamina sendiri menjual Pertalite dengan harga 8.400 Rupiah, lebih murah dari harga Pertamax yang dijual seharga 9.300 Rupiah. Mengingat saat ini kebutuhan hidup semakin banyak dan harga barang juga semakin mahal, maka tidak menutup kemungkinan ada dari anda yang sebelumnya menggunakan Pertamax ingin beralih ke Pertalite.

Lantas dampak apakah yang ditimbulkan bila sebelumnya kendaraan anda menggunakan Pertamax lalu beralih ke Pertalite?

Bila saja hal itu dilakukan tentu saja merupakan sebuah kemunduran. Dengan oktan yang lebih rendah dari Pertamax, Pertalite tidak akan bisa menghasilkan pembakaran yang lebih baik dari Pertamax karena angka oktan yang rendah akan membuat pembakaran menjadi kurang optimal.

Dampak lain dari peralihan Pertamax ke Pertalite adalah tingkat konsumsi bahan bakar tidak akan seirit saat masih menggunakan Pertamax, atau dengan kata lain konsumsi bensin menjadi lebih boros. Tidak hanya itu saja, tenaga yang dihasilkan oleh mesin juga akan menurun.

Akan tetapi Pertalite bukanlah bahan bakar yang buruk karena beberapa mobil yang beredar di Indonesia telah memenuhi spesifikasi untuk bisa menggunakan bahan bakar dengan RON 90.

Baca Juga Mengenai : Apa Sajakah Kelebihan Pertalite Dibanding Premium

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY