Perbandingan Honda HRV dengan Nissan Juke

Perbandingan Honda HRV dengan Nissan Juke

2875
0
BERBAGI

Segmen crossover di tanah air memang bisa dibilang masih sangat sepi pemain. Bila pada awalnya segmen ini hanya dihuni oleh Nissan Juke saja, maka kali ini ada pemain baru yang datang dari kubu Honda, yakni HR-V.

Baik Juke maupun HR-V sama-sama mempunyai penggemarnya tersendiri. Juke yang mengusung desain “nyentrik” mampu memikat hati konsumen di tanah air, begitupula dengan HR-V yang mengusung desain modern juga mampu mengambil hati konsumen tanah air dalam waktu yang tergolong singkat.

Nissan Juke dan Honda HR-V tentu saja menawarkan keunggulan dan kelemahan di segala sektor. Harga Honda HR-V dan harga Nissan Juke yang terbilang kompetitif membuat keduanya bersaing sengit di segmen mobil crossover tanah air. Nah, bila ada dari anda yang ingin membeli salah satu dari mobil tersebut, berikut kami hadirkan perbandingan di antara keduanya.

– Desain

Honda HR-V memang hadir sebagai pendatang baru. Mobil ini pertama kali diperkenalkan dalam ajang Indonesia International Motor Show 2014 dan mengusung desain yang terlihat modern sekaligus juga segar. Atap yang didesain semakin turun di bagian belakang membuat mobil ini terlihat mempunyai desain seperti mobil coupe. Door handle pada pintu belakang yang terletak di atas menimbulkan kesan bahwa mobil ini seperti hanya mengusung dua pintu.

Untuk Nissan Juke, mobil ini memang didesain dengan bentuk yang “nyentrik”, dan berkat bentuknya tersebut banyak orang yang tidak suka dengan mobil ini, akan tetapi banyak pula orang yang menyukai mobil ini. Sama seperti HR-V, Juke juga mengadopsi desain atap yang semakin turun di bagian belakang serta door handle pintu belakang yang terletak di atas.

Masuk ke dalam kabin HR-V, interior mobil ini dibangun dengan platform yang sama seperti Jazz dan Honda mendesain sektor ini dengan tampilan yang terlihat segar. Hanya saja tiga lubang AC yang terletak persis di depan kursi penumpang depan terasa terlalu berlebihan. Kabin Honda HR-V dirancang sedemikian rupa sehingga mempunyai ruang yang terbilang lega, baik untuk penumpang depan maupun belakang. Atap yang menurun di bagian belakang juga tidak membuat jarak kepala penumpang belakang ke atap menjadi sempit. Selain itu Honda HR-V juga menawarkan ruang bagasi yang lega, yaitu berkapasitas hingga 404 liter.

Honda HR-V

Kesan sebaliknya ditampilkan oleh Juke, dimana dimensi eksterior yang terlihat besar malah berbanding terbalik dengan dimensi kabinnya. Masuk ke dalam kabin mobil ini terasa sempit, terlebih untuk penumpang belakang. Jarak ruang kaki dan jarak kepala ke atap bisa dibilang sangat kurang lega. Kesan sempit masih berlanjut pada ruang bagasi, dimana kapasitasnya hanya sebesar 354 liter.

Nissan Juke

– Mesin

Beralih ke sektor dapur pacu, Honda mengandalkan mesin 4-silinder berkapasitas 1.500cc untuk HR-V. Tenaga yang mampu dihasilkan oleh mesin tersebut mencapai 120 PS pada putaran 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada putaran 4.600 rpm. Sedangkan akselerasi dari 0-100 km/jam berhasil dituntaskan dalam waktu 12,2 detik. Namun untuk HR-V tipe Prestige mengandalkan mesin dengan kapasitas yang lebih besar lagi, yakni 1.800cc dengan output tenaga sebesar 139 PS pada putaran 6.500 rpm dan torsi 169 Nm pada putaran 4.300 rpm.

Untuk Nissan Juke sendiri hanya mengandalkan mesin 4-silinder berkapasitas 1.500cc. Tenaga yang mampu dihasilkan oleh mesin mobil ini mencapai 114 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi 150 Nm pada putaran 4.000 rpm. Sedangkan akselerasi dari 0-100 km/jam berhasil ditempuh dalam waktu 13,8 detik.

– Dimensi

Honda HR-V memiliki dimensi (panjang x lebar x tinggi) berukuran 4.294mm x 1.772mm x 1.580mm dengan ground clearance 185mm. Sedang Nissan Juke memiliki dimensi (panjang x lebar x tinggi) berukuran 4.135mm x 1.765mm x 1.565mm dengan ground clearance 178mm. Dari perbandingan di atas jelas sudah jika HR-V memiliki ground clearance yang lebih tinggi dari Juke.

– Fitur Keselamatan dan Keamanan

Honda HR-V menggunakan rangka bodi dengan struktur G-CON+ACE yang diklaim lebih kuat. Selain itu masih terdapat pula beberapa fitur keselamatan dan keamanan lain yang diusung oleh mobil ini, seperti Airbag, Hill Start Assist, Emergency Stop Signal, ABS, EBD, BASmart Entry System, Auto Door Locked by Speed, serta Immobilizer.

Untuk Juke juga sudah mengusung beberapa fitur keselamatan dan kemanan, seperti Airbag, ABS, EBD, BA, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, Keyless Remote, serta Immobilizer. Sayangnya Juke belum dibekali dengan fitur yang bisa mengunci pintu secara otomatis.

– Konsumsi Bahan Bakar

Tingkat konsumsi bahan bakar Honda HR-V berada pada angka 12,43 kilometer per liter dan Nissan Juke berada pada angka 13,34 kilometer per liter. Hasil tersebut diperoleh dari pengujian kombinasi pengendaraan dalam dan luar kota.

Nissan Juke

Baca Juga Mengenai : Perbandingan Honda Mobilio dengan Toyota New Avanza Veloz

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY