Grand New Avanza VS Great New Xenia, Mana yang Lebih Unggul?

Grand New Avanza VS Great New Xenia, Mana yang Lebih Unggul?

2344
0
BERBAGI

Dua MPV kembar terlaris di Indonesia, Grand New Avanza dan Great New Xenia tinggal menunggu waktu saja untuk kembali merajai jalanan di Indonesia. Rencananya, peluncuran keduanya akan dilakukan serentak di hari yang sama, yakni 12 Agustus 2015.

Lalu, fitur apa saja yang akan menjadi unggulan dari keduanya? Siapa yang lebih unggul? Mari kita bedah bersama.

Grand New Avanza

Avanza terbaru dipastikan mempunyai mesin baru dengan tenaga dan torsi yang lebih baik dari seri terdahulu. Peredaman dalam kabin pun kabarnya telah ditingkatkan hingga 15%. Hal ini membuat kabin Avanza terbaru akan semakin senyap daripada sebelumnya.

Grand New Avanza telah dilengkapi dengan jok berstandar ISOFIX di bagian belakang untuk meningkatkan keamanan bagi penumpang anak kecil. Ini merupakan peningkatan yang cukup penting, mengingat Avanza sebelumnya hanya mendapatkan nilai 33% dari total 100% nilai keselamatan bagi penumpang anak-anak. Selain itu, desain baru jok belakang tersebut juga dilengapi dengan sandaran kepala di bagian penumpang tengah.

Adanya sistem infotainment baru dengan layar sentuh pada beberapa tipe tertentu turut melengkapi desain dasbornya yang baru. Fitur Bluetooth dan immobilizer juga ada di tipe tertentu melengkapi fitur Aux-In dan USB yang sudah menjadi kelengkapan standar. Pada tipe Veloz, lampu utamanya menggunakan model proyektor.

Semua tipe Avanza mendapatkan peningkatan fitur keamanan seperti adanya ABS, airbag dan Side impact beam. Selain itu, power window pada Avanza akan otomatis berhenti jika ada hambatan. Sistem peringatan pada penggunaan sabuk pengaman telah jadi fitur standar.

Great New Xenia

Perbedaan Xenia terbaru dengan Avanza dari segi penampang terletak pada desain bumper dan aksen krom yang berbeda. Pada tipe R Sporty, fitur Daytime Running Lights (DRL) sudah tersedia dengan tombol untuk mematikannya. Sedangkan untuk lampu depan menggunakan multi reflector.

Seperti halnya Avanza terbaru, Xenia ini juga memberikan fitur infotainment dengan LCD layar sentuh pada tipe tertentu. Untuk menghubungkan perangkat multimedia, Xenia menawarkan koneksi HDMI.

Desain jok belakang Xenia memungkinkan untuk pengaturan sistem pelipatan jok dengan konfigurasi 50:50. Untuk keamanan, beberapa tipe sudah dilengkapi dengan fitur immobilizer. Guna memantau efisiensi bahan bakar, anda akan menjumpai fitur Eco indicator.

Serupa dengan Avanza, suspensi dan kesenyapan kabin ikut ditingkatkan. Adanya ubahan pada struktur suspensi membuat mobil semakin stabil, sementara ubahan pada sistem penggerak dan peredaman menghasilkan kabin yang semakin senyap.

Jadi, mana yang lebih unggul menurut anda? Sampaikan pendapat anda pada kolom komentar yang tersedia.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Avanza dan Xenia Menunjukkan Bahwa Keduanya Kurang Aman Untuk Anak

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY