FYI: All-New Hyundai Tucson 2016, Kini Tampil Lebih Sporty

1185
0
BERBAGI

Setelah memasuki generasi kedua, akhirnya pada bulan Maret 2015 Hyundai menghadirkan generasi ketiga dari mobil SUV miliknya, All New Tucson 2016. Mobil ini tampil pertama kali di depan publik dunia dalam ajang Geneva Motor Show 2015. Dan berkat tampilan barunya, All New Tucson 2016 berhasil menjelma menjadi mobil yang lebih atletis dan lebih mewah dari generasi sebelumnya.

Perubahan pada generasi terbaru Hyundai Tucson ini tidak hanya terdapat pada sisi eksterior saja, melainkan juga terdapat pada sisi interior dan juga adanya penambahan beberapa fitur. Melihat sisi eksteriornya, All New Tucson 2016 kini terlihat lebih atletis berkat penggunaan velg berdesain asimetris berukuran 19 inch. Mobil ini juga mendapatkan grill baru berbentuk hexagonal yang kini menjadi ciri khas mobil-mobil produksi Hyundai.

Selain grill, perubahan juga terdapat pada headlamp, dimana kini bentuknya lebih kecil dengan sudut yang lebih tajam serta sudah menggunakan LED. Hyundai juga telah melengkapi mobil ini dengan Daytime Running Lights guna meningkatkan keamanan pada saat berkendara di siang hari. Perbedaan lainnya terdapat pada foglamp dan bumper yang kini didesain lebih modern dari model sebelumnya.

Kesan sporty juga ditampilkan oleh All New Tucson 2016 di bagian belakang. Hal itu bisa dilihat dari adanya spoiler dan penggunaan knalpot ganda. Selain itu, lampu belakang kini juga telah mengusung jenis LED.

Masuk ke dalam kabin, Hyundai mendesain sektor ini dengan tampilan yang terlihat mewah berkat penggunaan material soft touch. Lingkar kemudi kini dilapisi dengan kulit dan dilengkapi dengan tombol untuk mengontrol sistem hiburan. Untuk versi Eropa, jok juga sudah dilengkapi dengan fitur pemanas electric. Terdapat pula layar berukuran 8 inch yang berguna untuk mengatur sisem navigasi. Sedangkan untuk beberapa fitur seperti konektivitas USB, Bluetooth, power outlet serta keyless entry yang diusung oleh mobil ini merupakan fitur standar yang harus ada. Menariknya, Hyundai sudah melengkapi All New Tucson dengan panoramic glass roof dari kursi depan hingga penumpang di baris kedua, sehingga kesan mewah pada mobil ini menjadi semakin terasa.

Dimensi kabin bahkan terasa lebih luas bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hal itu memang wajar mengingat dimensi All New Tucson 2016 lebih panjang 65 mm dan lebih lebar 30 mm dari generasi sebelumnya. Sayangnya kapasitas bagasi kini menjadi 513 liter, lebih kecil dari kapasitas bagasi Tucson generasi lama yang berkapasitas 591 liter. Namun pengaturan kursi belakang yang dapat dilipat secara rata bisa dimanfaatkan untuk menambah kapasitas bagasi dengan komposisi 60/40. Ada satu fitur yang sangat menarik pada mobil ini, yaitu fitur smart power liftgate, dimana dengan fitur ini pintu bagasi dapat membuka secara otomatis hanya dengan cara pengendara berdiri di belakang mobil selama beberapa detik.
Selain itu Hyundai juga menjelaskan bahwa body All New Tucson 2016 dibuat 18% lebih kaku dari pendahulunya.

Fitur keselamatan tentu menjadi perhatian utama Hyundai, hal itu bisa dilihat dari disematkannya beberapa fitur keselematan untuk mobil ini, seperti Smart Parking Assist, Autonomous Emergency Braking, Lane Keeping Assist System, Rear Traffic Cross Alert, Blind Sport Detection, Speed Limit Information Function dan Active Bonnet System yang secara otomatis akan mengangkat kap mesin untuk meredam benturan ketika terjadi tabrakan frontal.

All New Tucson ditawarkan dalam beberapa pilihan mesin. Untuk versi Amerika terdiri dari mesin 2000 cc GDI bertenaga 164 hp yang dipadukan dengan transmisi otomatis 6-percepatan serta mesin 1.600 cc GDI Turbo yang mampu menghasilkan tenaga lebih besar, mencapai 175 hp dan dipadukan dengan transmisi dual-clutch 7-percepatan.
Untuk versi global terdiri dari 3 pilihan, yakni mesin bensin berkapasitas 2000 cc dan 1600 cc serta mesin diesel 2000 cc.

Hyundai All New Tucson 2016 mulai dipasarkan di kawasan Eropa mulai semester kedua tahun 2015, namun masih belum ada kejelasan dari pihak Hyundai Indonesia kapan mereka akan memasarkan All New Tucson di tanah air.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY