Ini Dia Alasan Kenapa Toyota Grand New Avanza Masih Menggunakan Sistem Penggerak...

Ini Dia Alasan Kenapa Toyota Grand New Avanza Masih Menggunakan Sistem Penggerak Roda Belakang

2930
0
BERBAGI
Ilustrasi Avanza Transmover (Foto: Toyota)

Belum lama ini atau tepatnya pada tanggal 12 Agustus kemarin Toyota Astra Motor telah resmi meluncurkan mobil MPV andalannya, Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Berbeda dengan para kompetitornya yang sudah mulai mengadopsi penggerak roda depan, dua mobil jagoan dari Toyota ini malah masih mengandalkan sistem penggerak roda belakang. Tapi tentu saja Toyota mempunyai alasan kuat kenapa mereka masih setia menggunakan penggerak roda belakang untuk duo Avanza terbaru.

Kazuhiko Yamashita selaku Chief Engineer Grand New Avanza dan Grand New Veloz memberikan penjelasan bahwa mayoritas konsumen Toyota di Indonesia tidak terlalu mempedulikan terhadap penggerak roda di mobilnya. Sebagian besar dari mereka malah lebih mementingkan unsur lainnya, seperti kenyamanan, keheningan kabin, dan lain sebagainya.

Penjualan Avanza yang memang lebih merata bila dibandingkan dengan para kompetitornya juga turut menjadi pertimbangan kenapa Toyota masih mengandalkan penggerak roda belakang untuk Grand New Avanza. Selain itu mobil ini juga sering diisi dengan muatan penuh, dan berkat sistem penggerak roda belakangnya, kemampuan mobil ini dalam melewati jalan menanjak akan lebih baik daripada mobil yang menggunakan penggerak roda depan.

Sedangkan demi mengejar efisiensi konsumsi bahan bakar, Toyota lebih memilih untuk menyematkan berbagai teknologi penunjang, seperti penggunaan teknologi dual VVT-i, throttle by wireElectronic Power Steering, kompresor AC yang minim gesekan, serta sensor yang berguna untuk mengatur kerja alternator di mesin.

Satu hal yang patut menjadi perhatian adalah penggunaan mesin berkode NR pada Grand New Avanza. Mesin tersebut merupakan mesin untuk mobil Toyota yang berpenggerak roda depan, sehingga bila nantinya Toyota terpaksa harus menggunakan penggerak roda depan untuk Avanza mereka hanya tinggal mengganti platform-nya saja.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY