Pengertian Engine Break Pada Mobil

Pengertian Engine Break Pada Mobil

2205
0
BERBAGI
Pilih transmisi paling rendah dan mainkan pedal dengan teknik setengah kopling (foto: driving)

Bagi anda yang suka dengan dunia otomotif mungkin sudah sering mendengar istilah engine break. Tapi apakah anda mengetahui apa pengertian dari istilah tersebut?

Engine break sendiri merupakan pengereman dengan memanfaatkan kekuatan mesin. Namun pengereman dengan cara ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan agar mesin kendaraan tidak cepat rusak. Lantas, bagaimana cara melakukan engine break yang benar?

Cara untuk melakukan engine break yang benar adalah dengan melakukan perpindahan gear secara beruntun, misal dari posisi gear 5 turun ke gear 4 lalu ke gear 3 dan begitu seterusnya. Apabila memindahkan gear secara tidak teratur atau melompat maka hal itu bisa menyebabkan kerusakan pada mesin kendaraan.

Hal lain yang harus diperhatikan pada saat melakukan engine break adalah menjaga tekanan pada pedal rem, usahakan agar tidak terlalu keras atau terlalu lembut.

Apakah engine break hanya bisa diterapkan pada mobil bertransmisi manual saja?

Jawabannya adalah tidak, mobil dengan transmisi otomatis-pun juga bisa menerapkan engine break, khususnya saat berada di jalan menurun. Cara untuk melakukan engine break pada mobil bertransmisi otomatis adalah dengan memindahkan posisi tuas transmisi dari “D” ke “2”. Namun bila efek pengereman masih kurang terasa, anda bisa memindahkan tuas transmisi ke posisi angka “1”.

Baca Juga Mengenai : Begini Cara Meminimalisir Terjadinya Kerusakan Pada Transmisi Mobil Matic

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY