Daihatsu Masih Belum Tertarik Memboyong Kei Car ke Indonesia

Daihatsu Masih Belum Tertarik Memboyong Kei Car ke Indonesia

1639
0
BERBAGI

Kemunculan beberapa Kei Car (mobil mungil) Daihatsu di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung pekan lalu berhasil menarik minat para pengunjung. Umumnya, pengunjung booth Daihatsu di GIIAS 2015 menyukai tampilan Kei Car yang unik.

Pada kesempatan tersebut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memamerkan tiga buah Kei Car yang hanya dijual di pasar domestik Jepang seperti Daihatsu Move, Wake dan Cocoa. Ketiga mobil mungil ini memakai mesin berkapasitas 3-silinder 658 cc.
daihatsu-cocoa-640x400
Meski demikian, ADM menyatakan belum tertarik untuk menghadirkan Kei Car ke Indonesia. Menurut ADM, jika Kei Car masuk ke Indonesia, maka harganya bakal melonjak sedemikian mahal karena harus diimpor utuh (completely build-up/CBU) dari Jepang. Tentu saja ini juga akan mempengaruhi tingginya pajak bagi Kei Car yang masuk.

Sementara itu, jika Kei Car dirakit di dalam Negeri, pasar mobil mungil Indonesia masih belum diketahui angka peminatnya. Padahal jika diproduksi di Indonesia, volumenya harus besar, karena investasi untuk produksi sangat mahal. Kalau investasinya tidak bisa tertutup dalam kurun waktu lima hingga tujuh tahun, maka dapat dipastikan Daihatsu enggan memasarkan mobil berjenis Kei Car.

Baca juga: Daihatsu UFC-3 Akan Jadi Adik Xenia?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY