Benarkah Mazda Batal Pensiunkan Mesin Rotary?

Benarkah Mazda Batal Pensiunkan Mesin Rotary?

1747
0
BERBAGI

Awal tahun 1950 dulu salah seorang insinyur asal Jerman, yakni Felix Wankel telah berhasil menciptakan mesin rotary, dan sejak saat itu Mazda mulai serius dalam pengembangan mesin rotari untuk digunakan pada mobil miliknya.

Meskipun mesin rotary mampu menghasilkan tenaga yang besar dan halus, namun tingkat emisi dan konsumsi bahan bakar mesin jenis ini dinilai sangat buruk, sehingga Mazda memutuskan untuk berhenti memproduksi mobil yang menggunakan mesin rotary.

Namun kini ada isyarat dari Mazda bahwa mereka batal pensiunkan mesin rotary. Hal itu diungkapkan oleh Masamichi Kogai, President Mazda Motor Corporation. Masamichi mengungkapkan jika sampai saat ini tim riset mesin rotary Mazda masih ada dan mereka tengah mengembangkan mesin rotary dengan teknologi terbaru yang diharapkan akan lebih hemat bahan bakar dengan tingkat emisi yang juga lebih rendah lagi.

Sayangnya Masamichi tidak mengungkapkan kapan mesin tersebut bakal hadir, tapi ada kemungkinan pada tahun 2018 mendatang, bertepatan dengan ulang tahun Mazda RX-7 yang juga menggunakan mesin jenis rotary.

Baca Juga Mengenai : Mazda Koeru Concept Tampil Perdana di Frankfurt Motor Show 2015

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY