Akibat Pakai Software Ilegal, VW Bisa Kena Denda Hingga 260 Triliun

Akibat Pakai Software Ilegal, VW Bisa Kena Denda Hingga 260 Triliun

1443
0
BERBAGI
Mesin diesel VW memiliki emisi 40% lebih tinggi dari yang diperbolehkan

Kabar kurang menyenangkan datang dari produsen mobil rakyat asal Jerman, Volkswagen, dimana mereka dituduh telah melakukan kecurangan dalam uji emisi yang baru saja dilakukan di Amerika.

VW diduga menggunakan software ilegal pada saat uji emisi berlangsung. Software tersebut mampu menurunkan kinerja mesin pada saat mobil menjalani tes. Tujuannya tentu saja agar mesin bisa menghasilkan emisi serendah mungkin dan bisa lolos uji. Namun setelah selesai menjalani tes, mobil buatan VW tersebut malah menghasilkan tingkat emisi 40 kali lebih tinggi dibandingkan pada saat tes.

VW sendiri tidak mengelak dari tuduhan kecurangan yang dialamatkan kepadanya. Melalui CEO Volkswagen AG, Dr. Martin Winterkom, VW mengucapkan penyesalan dan permintaan maaf karena telah melanggar kepercayaan pelanggan dan masyarakat.

VW Golf

Akibat pemakaian software ilegal tersebut VW kini menghadapi ancaman denda hingga senilai  $ 18 miliar atau sekitar 260 triliun rupiah. Tidak hanya itu saja, saham VW kini juga dilaporkan turun sebanyak 19,3% ke level terendah selama 3 tahun terakhir ini.

Saat ini VW telah mengeluarkan surat perintah kepada seluruh dealer VW di Amerika untuk menghentikan penjualan beberapa mobil VW yang menggunakan mesin diesel TDI 4-silinder 2.000 cc, diantaranya VW Beetle, Golf, Jetta, Passat dan Audi A3 produksi antara tahun 2009-2015.

Audi A3

Baca Juga Mengenai : Akhirnya Volkswagen Resmi Merilis New Tiguan

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY