Mobil Garuda UNY Tampil di Pameran Otomotif Jogja 2015

Mobil Garuda UNY Tampil di Pameran Otomotif Jogja 2015

1117
0
BERBAGI

Gelaran Pameran Otomotif Jogja (POJOG) 2015 tidak hanya ikut diramaikan oleh para diler mobil dan motor saja, melainkan juga ikut diramaikan oleh mobil hasil kreasi mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Jogjakarta.

Salah satu yang meramaikan booth khusus mobil kreasi mahasiswa tersebut adalah tim Garuda UNY Racing Team. Tim ini mulai terbentuk sejak tahun 2009 dan merupakan gabungan mahasiswa dari beberapa fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta, diantaranya fakultas Teknik, Bahasa, MIPA, dan Ilmu Sosial.

Yusuf Mulyadi selaku Team Leader of Hybrid Vehicle Odyssey Garuda UNY Racing Team menjelaskan jika tim ini sudah ada sejak tahun 2009, dan kala itu masih fokus dalam kompetisi di ranah nasional. Baru antara 4-5 tahun setelahnya mulai mengikuti kompetisi di ranah internasional, seperti mengikuti kompetisi di Korea pada tahun 2014 dan berhasil menyabet gelar juara 1stwinner acceleration dan 1st winner endurance.

Untuk tahun 2015 tim Garuda UNY Racing Team menurunkan dua mobil, satu di Korea Selatan dalam ajang 2015 ISGCC (International Student Green Car Competition) dan satu lagi di Jepang dalam ajang ICV (Internal Combustion Vehicle).

Yusuf Mulyadi menambahkan jika mobil hybrid ini mulai memasuki tahap perancangan sejak bulan Oktober 2014 dan baru mulai dibangun pada bulan Januari 2015-Maret 2015, setelah itu baru memasuki tahap ujicoba dan latihan driver.

Garuda UNY Racing Team

Hasil kerja keras tim Garuda UNY Racing Team-pun berbuah manis, dengan mobil yang dikembangkannya, Garuda UNY Racing Team berhasil menjadi juara umum dan mendapat gelar Best of the Best dalam kompetisi ISGCC (International Student Green Car Competition) 2015 yang diadakan di Korea Selatan. Sementara untuk kompetisi yang digelar di Jepang berhasil mendapatkan peringkat 5 dari total 93 peserta untuk kategori efisiensi dan berhasil menduduki runner-up dalam kategori best rookie.

“Kami berharap pihak pemerintah memberikan fasilitas berupa laboratorium yang bisa mengakomodasi kegiatan perbengkelan, mulai dari pengembangan mesin, bodi, dan riset lainnya. Kedepannya kami juga ingin bisa membuat mobil nasional” tutup Yusuf.

Baca Juga Mengenai : Mobil Dom Toretto Sedot Perhatian Pengunjung Pameran Otomotif Jogja 2015

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY