Selain VW, Beberapa Pabrikan Diduga Turut Melakukan Kecurangan Pada Uji Emisi

Selain VW, Beberapa Pabrikan Diduga Turut Melakukan Kecurangan Pada Uji Emisi

988
0
BERBAGI

Beberapa hari terakhir ini dunia otomotif tengah dihebohkan oleh skandal emisi gas buang yang terjadi pada Volkswagen (VW). Menurut Environmental Protection Agency (EPA) dan California Air Resources Board (CARB), terkuak bahwa VW Amerika Serikat telah melakukan kecurangan untuk mendapatkan hasil emisi gas buang yang memenuhi syarat lolos uji emisi sesuai standar yang berlaku di Amerika Serikat.

VW diketahui telah memasangkan sebuah perangkat yang mampu memanipulasi hasil emisi. Setelah kasus ini mengemuka, EPA menyatakan bahwa mobil-mobil VW dan Audi yang dipasarkan di AS ternyata memiliki kadar gas buang nitrogen oksida (NOx) hingga 40 kali dari batas legal.

Kabar terkini, beberapa pabrikan lain dicurigai melakukan kecurangan serupa agar memperoleh nilai emisi yang memuaskan. Beberapa mobil yang dicurigai curang tersebut antara lain: Audi A8, BMW X3 diesel, Opel Zafira Tourer dan Citroen C4 Picasso. Mobil-mobil yang lolos uji laboratorium tersebut ditengarai mempunyai hasil emisi yang melebihi batas toleransi legal di AS.

Skandal yang terjadi pada VW ini memang cukup menghebohkan, sehingga membuat CEO VW Group, Martin Winterkorn, mengundurkan diri dari jabatannya.

Baca juga: Akibat Pakai Software Ilegal, VW Bisa Kena Denda Hingga 260 Triliun

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY