Pada tanggal 29 Maret 2024, terjadi kecelakaan karambol yang melibatkan tiga kendaraan di Ringroad Barat, Utara RSU Queen Latifa Gamping, Sleman, Yogyakarta. Kecelakaan ini melibatkan Honda Brio, pikap, dan Bus Rosalia Indah. Menurut kronologi yang diunggah oleh akun Instagram @sukoharjo_uncover, Honda Brio yang menghindari angkutan umum yang macet di jalur cepat, banting setir ke kanan dan menabrak Bus Rosalia Indah. Bus tersebut kemudian banting setir ke kiri dan menghantam pikap yang terlempar ke jalur lambat.

Insiden ini mengingatkan kita akan pentingnya menjaga jarak aman saat berkendara. Jarak aman atau safe following distance adalah kombinasi dari waktu persepsi dan waktu reaksi mekanikal. Untuk mobil kecil, jarak yang harus diantisipasi adalah dua sampai tiga detik dalam kondisi ideal. Sedangkan untuk bus dan kendaraan besar lainnya, diperlukan waktu lima sampai delapan detik untuk reaksi yang sama.

Kecelakaan ini menjadi peringatan bagi semua pengemudi untuk selalu waspada dan menjaga jarak aman guna menghindari kecelakaan serupa di masa depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini