Mobil Listrik Kaliurang UNISI: Prototype Mobil Listrik Karya Mahasiswa UII Jogja

1104
0
BERBAGI

Dalam Pameran Otomotif Jogja (POJOG) 2015 yang digelar beberapa hari lalu perhatian para pengunjung tidak hanya tertuju pada mobil yang dipamerkan oleh para diler saja, melainkan juga pada mobil karya mahasiswa, salah satunya adalah prototype mobil listrik karya mahasiswa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yang diberi nama “Mobil Listrik Kaliurang UNISI.”

Mobil listrik karya mahasiswa UII Yogyakarta ini berbeda dengan mobil listrik kebanyakan, hal itu karena mobil listrik ini sudah mengusung sistem operasi Android. Nazri Afandi Pasaribu selaku Ketua Tim Mobil Listrik Android menjelaskan bahwa ide pertama untuk membuat mobil listrik dengan sistem operasi Android berawal dari keinginan untuk menciptakan mobil berteknologi yang berbeda dengan tim riset lainnya, dimana tujuannya adalah untuk menunjukkan hasil karya sendiri dan kemudian bisa diproduksi atau lebih dikembangkan lagi.

Mobil listrik Android ini pada awalnya hanya dikembangkan oleh 8 orang, dan sekarang anggotanya sudah bertambah 25 orang lagi. Waktu yang dibutuhkan untuk riset control kurang lebih selama 2 tahun, sementara untuk mekanikal memakan waktu sekitar 3 bulan dengan estimasi biaya yang dibutuhkan kurang lebih sebesar 70 juta Rupiah.

Mobil ini dikonsepkan dengan controller buatan sendiri hasil riset dari tim yang kemudian mobil bisa dikendalkan dengan kendali Android, seperti starter mobil yang menggunakan password, layar pada tablet Android bisa menampilkan speedometer, ACCU, dan instrumen-instrumen lainnya. Sedangkan untuk penggeraknya sendiri berasal dari motor listrik yang bisa dikendalikan melalui sebuah controller hasil riset dari tim mobil listrik Android mahasiswa UII Yogyakarta.

Nazri mengakui jika pihaknya memang tidak mengejar kemenangan dalam sebuah kompetisi, tetapi mereka lebih fokus pada riset dan pengujian hasil riset itu sendiri. Mobil ini baru pertama kali mengikuti kompetisi nasional. Meskipun tidak menang, tapi Nazri dan timnya sangat bangga atas mobil listrik Android hasil kreasi mereka karena pada kompetisi yang saat itu mereka ikuti belum ada teknologi serupa yang diciptakan oleh tim lain.

Lebih jauh Nazri mengungkapkan keinginannya beserta dengan timnya untuk bisa menciptakan mobil nasional dan harapan mereka agar kedepannya ada regulasi yang jelas untuk riset, karena sampai saat ini ada banyak orang pintar tapi mereka tidak totalitas dalam mengerjakan sesuatu.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY