Ford Focus Ecoboost: Kian Sporty dengan Segudang Fitur Canggih

1252
0
BERBAGI

Kemunculan Ford Focus terbaru di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 dan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 bulan Agustus lalu bersamaan dengan hadirnya Ford Ranger dan Ford Everest terbaru langsung menyedot minat pecinta otomotif Tanah Air.

Mobil yang banyak dikenal karena mempunyai teknologi park assist ini kini tampil dengan banyak penyegaran, baik dari eksterior, interior, fitur maupun mesin.

Tampilan grille-nya mungkin akan mengingatkan kita pada bentuk grille khas Aston Martin, diapit dengan sepasang headlights yang kabarnya merupakan evolusi desain dari lampu milik Focus ST. Enam buah sensor di bagian depan serta enam di bagian belakang mengisyaratkan bahwa mobil ini akan banyak mendapatkan fitur yang membutuhkan banyak sensor di sekujur tubuhnya, semisal dengan adanya peningkatan teknologi park assist yang membuat mobil ini tak lagi hanya mampu membantu anda parkir secara parallel, tapi juga secara perpendicular.

Beralih ke bagian samping, anda akan mendapati bahwa desainnya mirip dengan Ford Fiesta, termasuk dalam penggunaan lis krom yang membingkai jendelanya. New Focus dibekali dengan velg berukuran 17 inci yang memakai rem cakram di keempat rodanya beserta sistem pengereman ABS+EBD yang dipadukan dengan ESP.

Melihat interiornya, kabin Focus kini lebih simple. Tak banyak tombol-tombol membingungkan yang dijejalkan ke dalam kabin. Fitur SYNC-2 membuat mobil ini terkoneksi dengan mudahnya ke perangkat telepon genggam kita, sekaligus mudah dioperasikan melalui voice command ataupun tombol kontrol pada lingkar kemudi.

Jok pada bagian depan berjenis semi bucket seat berlapis kulit yang menopang tubuh dengan nyaman. Sayangnya pada akomodasi bagian penumpang baris kedua tak terlalu luas, meskipun joknya juga masih bisa dibilang nyaman.

Bicara fitur keamanan, mobil ini dilengkapi banyak sekali fitur pendukung. Enam buah airbag menjadi standar, didukung oleh beberapa fitur yang membuat anda akan lebih aman berkendara seperti Active City Stop, Ford MyKey, Blindspot Monitoring System, Lane Keeping Alert dan masih banyak lagi.

Jantung mekanisnya kini lebih spesial dengan penambahan mesin Ecoboost. Seperti kita ketahui, mesin ini menyabet gelar mesin terbaik selama tiga tahun berturut-turut berkat keampuhannya mendongkrak tenaga namun efisien dalam konsumsi bahan bakar. Sebagai bukti, meskipun New Focus memakai mesin berkapasitas 1.5 L, namun tenaga yang dihasilkannnya mencapai 180 PS dan torsi 240 Nm. Ini adalah besaran tenaga yang kurang lebih setara dengan mesin berkapasitas 2.5 L.

Untuk harga, New Focus dibandrol dengan kisaran harga antara Rp 450-470an juta. Mungkin harga yang cukup mahal untuk mobil bertipe premium hatchback membuat beberapa kalangan akan menghindari mobil ini,, terlebih di masa perekonomian yang tengah lesu. Namun dengan segudang fitur canggih serta mesin yang bertenaga, rasanya cukup seimbang antara biaya dan hasil yang diperoleh.

Baca juga:

8 Fitur Canggih Pada New Ford Focus (Bagian 1)

8 Fitur Canggih Pada New Ford Focus (Bagian 2)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY