Mau Kopling Mobil Lebih Awet? Jangan Letakkan Kaki di Pedal Kopling

Mau Kopling Mobil Lebih Awet? Jangan Letakkan Kaki di Pedal Kopling

1460
0
BERBAGI
(foto : cartech)

Kampas kopling yang sudah tipis/habis tentu akan membuat berkendara menjadi tidak nyaman karena bisa menyebabkan selip atau tidak bisa memasukkan gigi perseneling. Ada beberapa hal yang menandakan bahwa kampas kopling sudah tipis, seperti suara mesin yang meraung saat berada di rpm tinggi dan tenaga mesin menjadi berkurang.

Nah, lantas bagaimana cara agar kopling mobil bisa lebih awet? Salah satu caranya adalah dengan tidak meletakkan kaki di pedal kopling secara terus menerus. Mungkin ada dari Anda yang mempunyai kebiasaan meletakkan kaki di pedal kopling pada saat mobil sedang melaju, ternyata kebiasaan tersebut tidak baik karena kopling akan terus bekerja dan tentu saja akan membuat kampas kopling menjadi cepat habis.

Sebaiknya, bila sudah melepas pedal kopling maka biarkan kopling benar-benar terlepas, hal itu bertujuan agar kampas kopling menjadi lebih awet lagi. Selain itu, hindari juga untuk melakukan setengah kopling, terlebih pada saat jalan menanjak, karena hal tersebut juga bisa menyebabkan kampas kopling menjadi cepat habis.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY