Transportasi Umum Singapura Siapkan Mobil Otonom

Transportasi Umum Singapura Siapkan Mobil Otonom

1247
0
BERBAGI
Tren mobil tanpa sopir atau juga dikenal sebagai mobil otonom mulai merambah negara Asia Tenggara, tepatnya Singapura. Otoritas perhubungan Singapura dikabarkan baru saja memperkenalkan dua mobil berteknologi otonom yang sudah mulai diuji coba.
Kedua mobil otonom tersebut merupakan hasil pengembangan Singapore-MIT Alliance for Research and Technology (SMART) dengan National University of Singapore (NUS), sementara satu mobil lagi merupakan pengembangan Agency for Science, Technology and Research.
Otoritas Singapura berharap nantinya Singapura akan memiliki transportasi publik yang canggih dan membuat masyarakat beralih pada transportasi publik. Teknologi otonom rencanaya juga akan digunakan pada bus dan truk angkutan barang di pelabuhan.
Salah satu alasan pemerintah Singapura menginginkan transportasi publik dan kendaraan niaga menggunakan teknologi otonom adalah sulitnya merekrut sopir karena menjadi sopir bukanlah profesi yang diinginkan warga Singapura.

Salah satu mobil otonom yang diuji oleh pemerintah Singapura adalah SMART-NUS, mobil yang menggunakan basis mobil listrik MiEV buatan Mitsubishi dengan kecepatan maksimum 30 kilometer per jam. Singapura sendiri telah menerima beberapa proposal dari delapan perusahaan terkait uji coba mobil otonom termasuk Uber Technologies, BMW dan Toyota Tsusho.

Kapan Indonesia menyusul langkah ini ya?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY