Mazda CX-5 Facelift Review Indonesia

3126
0
BERBAGI

Belakangan ini Mazda makin menanjak, terutama setelah memperkenalkan bahasa desain Kodo dan teknologi SkyActiv pada mobil-mobil terbarunya. Selain itu, nampak benar bahwa pabrikan asal Jepang ini ingin menempatkan diri pada posisi premium yang beberapa kali terlihat dalam desain eksterior dan interiornya yang sekilas bercitarasa Eropa.

Salah satu mobil terbarunya yang mendapatkan itu semua adalah Mazda CX-5 facelift yang masuk ke Indonesia pada bulan April 2015 silam.

Eksterior

Secara keseluruhan, tampilan eksterior Mazda CX-5 Facelift hanya terlihat sedikit berbeda dari generasi sebelumnya. Mazda mendesain ulang grill depan yang tersemat pada CX-5 Facelift dan kini hadir dengan warna yang lebih gelap. Rumah foglamp juga terlihat hadir dengan desain baru, begitu pula pada foglamp-nya yang kini lebih kecil.

Dari samping, CX-5 facelift memakai velg berukuran 19 inch yang dilabur dengan two tone color, khusus untuk tipe Touring dan Grand Touring. Sedang untuk tipe Sport dan Urban masih menggunakan velg berukuran 17 inch. Bagian belakang CX-5 Facelift masih terlihat sama seperti generasi sebelumnya.

Interior

Masuk ke dalam kabin, dapat terlihat adanya perbedaan antara CX-5 Facelift dengan generasi sebelumnya, dimana untuk versi facelift sudah tersemat tombol MZD Connect yang akan mengingatkan kita pada i-Drive milik BMW. Selain itu konsol tengah juga didesain ulang dan dilabur dengan warna hitam. Panel kayu yang melintang di dashboard kini diganti dengan panel alumunium, begitu pula dengan panel di doortrim yang dulu bergaris kini hadir dengan warna hitam glossy. Tidak lupa, tombol AC juga hadir dengan desain baru.

Sistem entertainment pada CX-5 Facelift tipe Touring dan Grand Touring sudah dilengkapi dengan 9 buah speaker buatan Bose. Pada tipe Grand Touring bahkan sudah dilengkapi dengan DVD player.

Fitur Unggulan

Mazda memberikan banyak fitur pendukung keselamatan yang melimpah pada mobil ini, seperti adanya peningkatan pada fitur i-Activsense. Untuk tipe Grand Touring bahkan sudah dilengkapi dengan teknologi Adaptive LED Headlight (ALH), Smart City Brake Support(SCBS), Lane-Keep Assist System (LAS), Blind Spot Monitoring System, dan Rear Cross Traffic Alert System. Menariknya, tuas rem tangan sudah digantikan dengan tombol electronic parking brake.

Mesin

Mazda CX 5 Facelift yang kami tes adalah tipe tertinggi atau Grand Touring. Tipe ini mengusung mesin 4-silinder berkapasitas 2.5 liter dengan output tenaga 187 PS pada putaran 5.700 rpm dan torsi 250 Nm pada putaran 3.250 rpm.

Harga

Mazda CX-5 Facelift tipe Sport 2.0 ditawarkan dengan kisaran harga Rp 403.200.000,00, tipe 2.5 Urban ditawarkan dengan kisaran harga Rp 440.300.000,00, tipe 2.5 Touring ditawarkan dengan kisaran harga Rp 460.000.000,00, dan yang terakhir tipe Grand Touring ditawarkan dengan kisaran harga Rp 490.400.000,00.

Satu hal yang unik, Mazda memberikan tambhan harga Rp 3 juta jika anda memilih warna Soul Red.

Impresi Berkendara

Mengendarai mobil ini terasa cukup nyaman, apalagi didukung dengan mesin yang responsif dan segudang fitur keselamatan yang membuat anda akan berkendara dengan lebih tenang.

Suspensinya meredam dengan baik, begitu pula body roll-nya yang cukup minim. Peredaman kabin cukup kedap ditambah dengan kenyamanan suara dari speaker Bose berjumlah 9 buah di sekujur kabin akan menambah kenikmatan berkendara jika sistem entertainmentnya anda aktifkan.

Kekurangan mobil ini terletak pada akomodasi baris kedua. Jika dibandingkan dengan rivalnya macam Honda CR-V atau Nissan X-Trail, kenyamanan penumpang baris kedua Mazda CX-5 agak sedikit berkurang, baik dari kelapangan ruang maupun kenyamanan kursi. Namun jika anda tipe pengendara yang lebih banyak bepergian sendiri atau setidaknya dengan seorang penumpang lain, maka mobil ini memberikan sensasi fun to drive yang cukup baik di kelasnya.

Kesimpulan

Banyaknya fitur penunjang keselamatan menjadi nilai lebih bagi mobil ini, begitu juga dengan performa dan interior kabin yang bercitarasa Eropa, walaupun mungkin sedikit terasa di bawah interior Mazda 2 SkyActiv.

Harga yang bisa dibilang paling mahal untuk kelasnya di Indonesia membuat konsumen akan sedikit berpikir sebelum memutuskan untuk meminang mobil ini. Tapi seperti kita ketahui bersama, ada harga ada kualitas.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY