Apa yang Membuat Harga Mobil Hybrid di Indonesia Mahal?

Apa yang Membuat Harga Mobil Hybrid di Indonesia Mahal?

1793
0
BERBAGI

Nissan Motor Indonesia (NMI) baru saja meluncurkan SUV Hybrid pertama di Indonesia, yakni Nissan X-Trail Hybrid dengan harga jual mencapai Rp 625 juta. Sebagai informasi, harga Nissan X-Trail konvensional dijual dengan rentang harga mulai dari Rp 350 jutaan hingga Rp 450 jutaan. Hal ini membuat beberapa orang bertanya-tanya, apa yang membuat sebuah mobil berteknologi hybrid lebih mahal dari mobil konvensional?

Nissan Xtrail Hybrid 5

Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah penggunaan kombinasi mesin konvensional dan motor listrik. Selain itu, biaya produksi yang lebih tinggi juga turu berpengaruh. Motor listrik pada mobil hybrid menggunakan tenaga baterai, sedangkan biaya pembuatan baterai tersebut cukup mahal.

Regulasi pemerintah Indonesia turut membuat harga mobil hybrid di Indonesia melonjak tinggi, karena mobil hybrid masih digolongkan sebagai mobil mewah yang membuatnya terkena bea masuk dan pajak barang mewah. Padahal mobil bertenaga hybrid memberikan keuntungan tersendiri karena ramah lingkungan sehingga membutuhkan dukungan khusus dari pemerintah untuk lebih memasyarakatkan mobil hybrid.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY