10 Mobil Konsep yang Diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2015

1652
0
BERBAGI

Pameran otomotif Tokyo Motor Show telah resmi dibuka mulai tanggal 28 Oktober 2015. Untuk tahun ini tercatat ada berbagai pabrikan yang ikut meramaikan ajang pameran 2 tahunan ini, mulai dari pabrikan tuan rumah asal Jepang hingga pabrikan asal Eropa. Nah, apa saja mobil-mobil yang dirilis di Tokyo Motor Show 2015? Berikut informasi lebih lengkapnya.

1. Lexus LF-FC Concept
Mobil konsep ini merupakan generasi Lexus LS di masa depan. Desain bagian depannya didominasi dengan Spindle Grill khas Lexus, lengkap dengan headlamp bergaya “L-shape”. Secara keseluruhan Lexus LF-FC Concept mempunyai desain yang terlihat futuristis, agresif, namun tetap elegan.

lexus lf fc

Untuk performanya sendiri berasal dari motor listrik fuel-cell hydrogen. Tenaga yang dihasilkan oleh motor listrik tersebut akan disalurkan ke roda belakang yang nantinya juga akan disalurkan ke motor listrik yang terletak di velg roda depan. Lexus menjelaskan jika konsep penyaluran tenaga pada LF-FC Concept membuat tenaga dan torsi bisa didistribusikan secara merata ke semua roda.

2. Mazda RX-Vision Concept
Inilah sportscar Mazda di masa depan. Desainnya masih mengadopsi bahasa desain “Kodo” khas Mazda. Desain kap mesinnya yang panjang dan bagasinya yang pendek menegaskan jika mobil ini adalah sebuah coupe. Tidak hanya desain eksteriornya saja yang menarik, desain interior mobil ini juga tidak kalah menariknya, bahkan Mazda mencoba untuk menghadirkan kesan retro pada mobil ini dengan mendesain setirnya cekung ke dalam, sama seperti desain setir pada mobil jaman dulu.mazda-rx-vision-concept-004-1

Mazda belum memberikan banyak informasi mengenai sektor mesin mobil ini, namun yang pasti RX-Vision Concept mengandalkan mesin rotary terbaru buatan Mazda yang dinamakan SkyActive-R.

3. Nissan IDS
Mobil masa depan dari Nissan ini hadir dengan desain yang terlihat futuristis. Nissan IDS merupakan mobil otonom yang dilengkapi dengan teknologi canggih, dimana teknologi tersebut mampu merekam dan mempelajari gaya berkendara pengemudi dan lalu menirukannya pada saat mobil di-setting pada mode Piloted Drive/ autopilot.

Nissan-IDS-Concept-2

Hal paling menarik terdapat pada bagian interiornya, dimana Nissan mendesainnya agar mampu menampilkan dua tema yang berbeda, tergantung dari mode berkendara mana yang sedang digunakan oleh pengemudi. Mobil ini memiliki baterai 60 kWh sebagai sumber tenaga penggeraknya dan direncanakan untuk mulai diproduksi pada tahun 2020 mendatang.

4. Subaru Impreza 5-doors
Subaru ikut memamerkan salah satu mobilnya yang akan menjadi generasi penerus Impreza di masa mendatang. Mobil yang dijadwalkan untuk mulai dipasarkan pada tahun 2017 ini sudah dilengkapi dengan lampu depan LED. Tampilannya terlihat sangat sporty berkat garis yang melintang di sekujur bodinya.

Subaru Impreza 5-doors merupakan mobil dengan kapasitas 5-penumpang. Untuk dimensinya sendiri mobil ini memiliki panjang 4.400 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.440 mm dengan sumbu roda 2.670 mm. Sayangnya Subaru belum memberikan informasi terkait data teknis mesin yang digunakan oleh Impreza 5-doors.

5. Yamaha Sports Ride Coupe
Kejutan pada ajang Tokyo Motor Show 2015 kali ini datang dari Yamaha, dimanapabrikan yang lebih dikenal dengan produk berupa sepeda motor ini memamerkan produk barunya yang berupa mobil. Mobil coupe 2 pintu ini didesain oleh Gordon Murray, desainer yang juga merancang mobil balap F1 McLaren. Yamaha Sports Ride Coupe memiliki dimensi panjang 3.900 mm, lebar 1.720 mm, dan tinggi 1.170 mm.

yamaha-sports-ride-concept-tokyo-1

Sasis mobil ini menggunakan bahan karbon fiber yang 40% lebih ringan dari besi namun tetap kuat. Berkat penggunaan bahan yang ringan tersebut bobot Yamaha Sports Ride Coupe hanya 750 kg saja. Sayangnya Yamaha belum memberikan informasi mengenai data teknis mesin yang terpasang di mobil sport-nya ini.

6. Honda Clarity
Sedan baru buatan Honda ini merupakan mobil yang mengusung teknologi hydrogen. Salah satu keunggulan yang dimilikinya adalah daya jelajahnya, dimana Honda mengklaim jika Clarity mampu melaju sejauh 700 km dalam satu kali pengisian bahan bakar. Untuk waktu pengisian bahan bakarnya sendiri hanya dibutuhkan waktu selama 3 menit, sama seperti waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bahan bakar mobil pada umumnya.

honda-clarity-fuel-cell

Honda Clarity bukanlah sebuah mobil konsep, mobil ini sudah mulai diproduksi secara masal dan rencananya akan dipasarkan pada tahun 2016 mendatang di Jepang, menyusul kemudian di pasar Eropa dan Amerika.

7. Mitsubishi eX-Concept
Mitsubishi Motors Corporation kembali dengan mobil listrik barunya. Setelah sebelumnya menghadirkan i-MiEV dan Outlander PHEV, kali ini Mitsubishi menghadirkan eX-Concept. Bagian depan mobil berjenis crossover ini sudah mengusung bahasa desain global Mitsubishi, yaitu Dynamic Shield.

Mitsubishi-EX-Concept-03

Mobil ini menggunakan tenaga listrik sebagai sumber penggeraknya dan mengusung teknologi state of the art electric-powered dan all wheel control yang mengkombinasikan teknologi automated driving, teknologi koneksi mobil, dan teknologi keamanan aktif. Mitsubishi menjelaskan jika eX-Concept sanggup melaju hingga sejauh 400 km saat baterainya terisi penuh.

8. Mercedes-Benz Vision Tokyo Concept
Mobil ini mengusung desain yang sangat unik namun tetap terlihat futuristis. Mercedes menjelaskan jika mobil konsep ini merupakan perwujudan dari konsep produk otomotif masa depan yang cocok digunakan di kota besar.

mercedes-vision-tokyo-concept-01

Mercedes-Benz Vision Tokyo Concept adalah sebuah mobil otonom yang teknologinya diadopsi dari F 105 concept.Di dalam kabinnya sudah dilengkapi dengan layar LCD berukuran besar, aplikasi peta digital, dan hiburan hologram 3D. Sementara di bagian luarnya, seperti pada velg dan sideskirt telah dilengkapi dengan lampu berwarna biru yang merepresentasikan jika ini adalah mobil listrik.

9. Toyota S-FR Concept
Sportscar baru dari Toyota ini mengusung desain coupe dan memiliki kapasitas penumpang 2+2. Untuk dimensinya, S-FR Concept memiliki panjang 3.990 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.320 mm. Sedangkan untuk wheelbase-nya berjarak 2.480 mm.

Toyota S-FR

Bagian interiornya didominasi dengan desain membulat pada beberapa bagian, seperti pada kisi-kisi AC, tombol-tombol pengaturan, instrument cluster, serta beberapa bagian lainnya.Toyota S-FR Concept mengandalkan mesin naturally aspirated 1.500 cc 4-silinder sebagai sumber performanya, dimana mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 130 bhp. Toyota sendiri berencana untuk mulai memasarkan mobil ini pada awal tahun 2017 mendatang.

10. Suzuki Ignis
Mobil ini mengusung desain yang cenderung boxy, sama seperti Suzuki Jimny. Suzuki Ignis merupakan sebuah mobil crossover yang direncanakan untuk mulai dipasarkan pada tahun 2017. Mobil ini sendiri adalah versi produksi dari Suzuki iM-4 concept yang telah dipamerkan dalam ajang Geneva Motor Show bulan Maret lalu.

Suzuki Ignis

Suzuki Ignis mempunyai panjang 3,7 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi 1,5 meter dengan ground clearence yang tinggi. Mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin 1.200 cc Dualjet dan mesin 1.000 cc turbocharged Boosterjet.

Suzuki Ignis juga ditawarkan dalam versi off-road yang disebut dengan Ignis Trail. Suzuki telah memberikan beberapa tambahan aksesoris untuk semakin menguatkan auara offroad dari Ignis Trail, seperti penggunaan velg berukuran besar dan penyematan roof rail.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY