Demi Mengembangkan Mobil Otonom, KIA Rela Berinvestasi Sebesar 27,7 Triliun Rupiah

Demi Mengembangkan Mobil Otonom, KIA Rela Berinvestasi Sebesar 27,7 Triliun Rupiah

844
0
BERBAGI

Dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan, pasar otomotif, khususnya roda empat, akan diramaikan oleh kehadiran mobil tanpa supir alias mobil otonom. Nah, saat ini sudah ada beberapa pabrikan yang sedang mengembangkan mobil otonom, dan KIA adalah salah satunya.

Tidak tanggung-tanggung, demi mengembangkan mobil otonom, KIA bahkan rela berinvestasi sebesar $2 miliar atau setara dengan 27,7 triliun rupiah.

Saat ini KIA sedang mengembangkan dua teknologi mobil sekaligus, yaitu teknologi semi otonom yang diberi nama Advanced Driver Assitance System (ADAS) dan teknologi mobil otonom. KIA merencanakan agar mobil semi otonom buatannya bisa mulai diproduksi setidaknya dalam kurun waktu 4 tahun lagi. Sementara untuk mobil otonom diperkirakan akan hadir pada tahun 2030 mendatang.

Berbicara mengenai mobil semi otonom berteknologi ADAS, teknologi ini terdiri dari tiga hal, recognition, judgement, dan control. Recognition dapat diartikan bahwa mobil akan memiliki banyak sensor, dimana sensor tersebut berguna untuk mendeteksi keberadaan kendaraan lain, membaca adanya kemungkinan bahaya yang datang, dan melakukan identifikasi pola mengemudi yang buruk.

Sementara untuk judgement sendiri meliputi sistem komputerisasi berteknologi tinggi yang membuat mobil mampu “membuat keputusan” sendiri berdasarkan informasi dari sensor yang terpasang di mobil. Sedangkan untuk control meliputi sistem elektronik serta mekanik aktif yang membuat mobil bisa secara efektif menerapkan “keputusan” yang sudah diambil.

Untuk langkah awal, nantinya mobil produksi KIA di tahun 2020 akan dibekali dengan fitur-fitur baru, seperti Highway Driving Assist (HDA) yang dikombinasikan dengan Lane Guidance System (LGS) dan Advanced Smart Cruise Control (ASCC), fitur Smart Parking Assist System (SPAS) baru, Traffic Jam Assist (TJA) function, serta Remote Advanced Parking Assist System (RAPAS).

Akan seperti apakah mobil semi otonom dan mobil otonom buatan KIA nantinya? Kita tunggu saja kabar terbaru dari pabrikan asal Korea Selatan tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY