All New Kijang Innova Meluncur di Jogjakarta, Ini Dia Test Drive &...

All New Kijang Innova Meluncur di Jogjakarta, Ini Dia Test Drive & First Impressionnya

2460
0
BERBAGI
Transmisi pada Innova terbaru 6-speed bermasalah (Foto: Ototaiment)

Setelah meluncur perdana pada tanggal 23 November 2015 lalu di Indonesia, Toyota lanjut memperkenalkan All New Kijang Innova ke beberapa daerah lain dan kali ini giliran publik Jogjakarta yang mendapat kesempatan menyaksikan langsung kehadiran generasi terbaru Innova.

 

Nasmoco Group sebagai dealer resmi Toyota untuk wilayah Jateng dan DIY meluncurkan All New Kijang Innova pada hari Rabu (25/11/2015) bertempat di Hartono Mall Yogyakarta. Launching All New Kijang Innova ini diselenggarakan oleh tiga dealer Nasmoco di wilayah DIY yaitu Nasmoco Janti, Nasmoco Mlati dan Nasmoco Bantul dan merupakan salah satu rangkaian launching All New Kijang Innova yang telah digelar sebelumnya di Semarang, Selasa lalu (24/11/2015).

Tema The Legend Reborn nampak berkali-kali dikumandangkan seolah ingin menunjukkan bahwa Kijang Innova adalah sosok yang memorable bagi masyarakat sekaligus berjasa menempatkan Toyota pada posisi puncaknya saat ini di Indonesia.

“Kijang Innova ini mengusung konsep ‘The Legend Reborn’ karena merupakan mobil keluarga legendaris yang sudah masuk lima generasi. Selama kurun waktu tersebut, mobil ini meraih beberapa gelar mulai dari mobil favorit keluarga hingga saat ini,” tutur Operation Manager South Area Operation PT New Ratna Motor Authorized Toyota Main Dealer, Agus Partono.

Lalu apa saja penyegaran dari Innova generasi terbaru ini?

Eksterior

Tampilan eksterior Innova anyar mendapat penyegaran di beberapa sisi. Grille yang digunakan kini nampak seperti Grand New Avanza. Untuk tipe Q sudah dibekali dengan lampu proyektor dan LED DRL berbentuk persegi.

All New Kijang Innova 4 All New Kijang Innova 5 All New Kijang Innova 6

Dari samping, ubahan desain untuk kaca samping di penumpang row ketiga kini sedikit menyempit. Spion sudah dilengkapi dengan welcome light dan menggunakan velg berukuran 17 inci untuk tipe tertinggi.
All New Kijang Innova 8

Pada bagian belakang akan didapati empat buah sensor parkir dan kamera mundur. Pintu bagasi kini dilengapi dengan teknologi Smart Back Door yang bisa merapat sendiri jika anda kurang rapat menutup pintu bagasi.

All New Kijang Innova 9

Interior

Dasbor kabin Innova kini terlihat mewah dengan aksen gelap. Sayangnya Innova masih menggunakan material plastik yang cukup banyak. Menurut kami, untuk mobil yang harganya sudah tembus Rp 400 jutaan, material soft touch layak dipertimbangkan. Pada Innova sendiri, material soft touch akan ditemukan pada sisi door trim.

Multi Information Display (MID)-nya diperbarui sehingga tampil mewah dengan beragam pengaturan yang dapat diatur melalui tombol-tombol pada palang lingkar kemudi sebelah kanan, sedangkan untuk palang sebelah kiri, ada Audio Switch Control yang terintegrasi dengan head unit layar sentuh 8 inci yang sudah dilengkapi internet browser, HDMI, DLNA, bluetooth, voice command, miracast dan air gesture seperti pada All New Yaris.

Pada tipe Q, jok baris kedua memakai model Captain Seat. Jika anda menginginkan Innova yang mampu menampung 7 orang, maka tipe V dan G lebih cocok, karena jok baris keduanya masih model biasa.

Seperti yang sudah muncul pada video teasernya, Innova anyar kini dilengkapi dengan fitur mode berkendara Eco Mode dan Power Mode. Selain itu pada varian bertransmisi otomatis, transmisi 6-percepatannya didukung oleh teknologi Sport Sequential Shiftmatic.

Mesin

All New Kijang Innova 12

All New Kijang Innova ditawarkan dalam tiga tipe, yakni tipe G, V dan Q. Untuk pilihan mesinnya, Innova hadir dalam pilihan mesin bensin berkapasitas 2.0 liter dengan teknologi dual VVT-i dan diesel tipe 2GD-FTV berkapasitas 2.4 L berteknologi VNT (Variable Nozzle Turbo) dan Intercooler.

Mesin dieselnya memiliki tenaga sebesar 149 PS di 3.400 rpm dengan torsi 359 Nm (1.200 rpm – 2.600 rpm) untuk varian transmisi otomatis, sedangkan torsi tipe manual mencapai 342,2 Nm (1.200 rpm – 2.800 rpm). Untuk mesin bensin, tenaganya mencapai 139 PS di 5.600 rpm dan torsi 183 Nm di 4.000 rpm.

Impresi Berkendara

Berhubung unit yang kami coba adalah varian terendah, yakni tipe G dengan mesin bensin, maka kami belum bisa merasakan keunggulan tipe Q bermesin diesel yang merupakan tipe tertinggi.

Meski demikian, pengendaraan Innova anyar sekarang lebih baik. Karakter suspensi diperbaharui sehingga lebih empuk dan nyaman. Kekedapan kabin juga jauh lebih baik dari sebelumnya.

Dengan adanya pilihan mode berkendara Eco Mode dan Power Mode, tentunya menjadi hal baru bagi MPV ini. Kami mencoba melakukan pengetesan pada Power Modenya. Begitu diaktifkan, respon mesin saat pedal gas diinjak terasa lebih responsif. Sayangnya area pengujian terbatas, sehingga kami belum bisa merasakan secara detail efek yang dihasilkan saat berkendara dalam Power Mode.

Berhubung ini adalah tipe G, maka tombol Traction Control yang terletak di sebelah tombol Power Mode dihilangkan. Amat disayangkan tentunya. Jika Innova memberikan fitur ini sebagai standar di semua tipenya, tentu akan lebih baik.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY