Pemerintah Indonesia Siapkan Mobil LCE, Mobil Murah dengan Emisi Rendah

Pemerintah Indonesia Siapkan Mobil LCE, Mobil Murah dengan Emisi Rendah

1395
0
BERBAGI
Datsun berharap mampu mengejar ketertinggalan di segmen LCGC dengan menghadirkan varian bertransmisi otomatis (Foto: ototaiment)

Kehadiran mobil LCGC alias Low Cost Green Car di Indonesia memang menjadi angin segar bagi masyarakat yang ingin mempunyai mobil dengan harga terjangkau. Mobil LCGC sendiri mulai hadir di Indonesia pada tahun 2012 lalu, dan sejak saat itu beberapa produsen ikut terjun dalam persaingan mobil LCGC. Sebut saja Honda dengan Brio Satya, Toyota dengan Agya, Daihatsu dengan Ayla, serta Datsun dengan Go Panca & Go+ Panca.

Lantas, bagaimana dengan kelanjutan mobil LCGC di masa depan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, menjelaskan jika saat ini pemerintah Indonesia sedang menyiapkan mobil LCE. Mobil LCE digadang-gadang akan menjadi penerus dari mobil LCGC di masa depan.

Mobil LCE atau Low Car Emission merupakan mobil yang dikatakan lebih irit serta lebih ramah lingkungan bila dibandingkan dengan mobil LCGC. Untuk saat ini peraturan terkait mobil LCE masih dalam tahap perencanaan, sehingga detail mengenai mobil LCE juga masih belum jelas.

Sementara soal harga, I Gusti Putu Suryawirawan berharap harga mobil LCE bisa lebih murah lagi dari mobil LCGC yang saat ini dijual pada kisaran harga 100 jutaan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY