Kenali Fungsi Rem Berteknologi ABS

Kenali Fungsi Rem Berteknologi ABS

1139
0
BERBAGI

Memiliki mobil dengan rem yang sudah dilengkapi teknologi ABS, bukan berarti anti-tabrak. Kondisi ini terjadi bukan karena kendaraan, tetapi lebih ke faktor pengemudi kurang memahami fitur mobil.

Sistem pengereman dengan menggunakan teknologi Anti-Lock Breaking System (ABS) kerap menjadi masalah di Indonesia. Masalahnya, banyak pengemudi atau konsumen yang belum paham sepenuhnya terkait fitur keselamatan aktif pada kendaraan.

Pada intinya fungsi ABS yaitu, saat rem mendadak dalam kecepatan tinggi, pengemudi masih bisa mengendalikan arah kendaraannya. Sedangkan rem tanpa ABS, akan terjadi gejala mengunci, laju mobil tetap lurus. Pengemudi tidak bisa mengarahkan kemana arah mobil harus menghindar.

Biasanya mobil dengan fitur ABS, dalam rem akan mengeluarkan suara keras ketika bekerja.

Bunyi khas ini kerap dianggap remnya bermasalah atau tidak pakem, oleh pengemudi yang tidak paham mengenai cara kerja ABS. Justru mereka melepas kembali pedal rem yang semula diinjak. Akibatnya bukan berhenti tapi menabrak atau yang lebih buruk adalah mengalami kecelakaan.

Mekanisme ABS ini seperti kita mengocok pedal rem berulang-ulang kali, tetapi dengan waktu yang super cepat. Dalam setiap detik, kanvas rem akan menggenggam cakram sampai ratusan kali, hal ini mencegah terjadinya “brake lock”.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY