Mitsubishi Motors, salah satu produsen mobil terkemuka di dunia, tidak hanya dikenal sebagai pembuat kendaraan yang tangguh dan andal, tetapi juga sebagai pelaku industri yang peduli dengan dunia pendidikan. Sejak tahun 2014, Mitsubishi Motors melalui PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah menjalankan program Mitsubishi Motors Education Program (MEP), yang bertujuan untuk memberdayakan generasi profesional otomotif berikutnya di Indonesia.

MEP adalah program donasi kendaraan praktikum dan pelatihan teknisi bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di Indonesia. Program ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi siswa untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang teknologi otomotif terkini berbasis kurikulum Mitsubishi Motors, serta membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk sukses berkarir di industri otomotif.

Pada tahun 2024 ini, MMKSI kembali menegaskan dedikasinya terhadap kemajuan dan pengembangan pendidikan kejuruan di Indonesia dengan mendonasikan 5 unit kendaraan Mitsubishi Motors kepada 5 SMK di Indonesia. Kendaraan yang disumbangkan MMKSI terdiri dari model MPV andalan mereka yaitu Xpander dan juga kendaraan niaga ringan yang telah terbukti ketangguhannya, Triton. Penyerahan donasi secara simbolis dilaksanakan di booth Mitsubishi Motors pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta pada 22 Februari 2024.

Selain itu, MMKSI juga akan memberikan pelatihan berupa Mitsubishi Motors Service Technician Education Program (MSTEP-1) untuk 15 siswa dari masing-masing SMK penerima donasi. Pelatihan ini akan semakin memperdalam pemahaman siswa tentang teknologi Mitsubishi Motors, serta memberikan kesempatan pembelajaran praktis bagi sekolah kejuruan.

Presiden Direktur PT MMKSI, Atsushi Kurita, mengatakan bahwa MEP merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap dunia pendidikan di Indonesia. "Kami percaya bahwa campur tangan pelaku industri dapat memperkuat pendidikan dan pembelajaran para siswa di sekolah untuk menciptakan ekosistem SDM yang berkualitas dan menguntungkan bagi berbagai pihak. Kepercayaan tersebut pun yang mendorong kami untuk dapat terus membekali sekolah kejuruan dengan salah satu alat penting dalam meningkatkan keterampilan teknis siswanya," ujarnya.

MEP juga mendapat apresiasi dari pihak sekolah kejuruan yang merasa terbantu dengan adanya program ini. Salah satunya adalah SMK Negeri 1 Cibinong, Bogor, yang menjadi salah satu penerima donasi tahun ini. Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Cibinong, Drs. H. Asep Supriatna, M.Pd., mengucapkan terima kasih kepada MMKSI atas donasi kendaraan dan pelatihan yang diberikan. "Ini sangat bermanfaat bagi kami, karena kami bisa meningkatkan kualitas pembelajaran kami dengan menggunakan kendaraan yang canggih dan sesuai dengan perkembangan zaman. Kami juga berharap dengan adanya program ini, kami bisa menjalin kerjasama yang baik dengan MMKSI dan Mitsubishi Motors di masa depan," katanya.

MEP merupakan salah satu contoh dari langkah inisiatif Mitsubishi Motors dalam membangun dunia pendidikan di Indonesia. Dengan program ini, Mitsubishi Motors berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dan pengembangan pendidikan kejuruan di Indonesia, serta menciptakan generasi profesional otomotif yang siap menghadapi tantangan di era global.

Sumber:

Langkah Inisiatif Mitsubishi Bangun Dunia Pendidikan – detikoto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini