Lemahnya Pasar Otomotif, Daihatsu Optimis Jadi Produsen laris Nomor 2 di Indonesia

Lemahnya Pasar Otomotif, Daihatsu Optimis Jadi Produsen laris Nomor 2 di Indonesia

763
0
BERBAGI

Penurunan pasar otomotif nasional untuk mobil mencapai 17 persen dan dialami oleh semua pabrikan pada tahun 2015. Kondisi ekonomi nasional diprediksi masih akan bergerak tak terlalu jauh dari tahun ini atau terbilang lesu.

Hanya dua brand yang berhasil meningkatkan market sharenya, salah satunya Daihatsu. Daihatsu mengklaim, mereka menguasai market share di posisi kedua tepat di bawah Toyota, namun pangsa pasar Daihatsu pun masih bisa naik satu persen dari tahun lalu yakni 16 persen (Januari-November 2015).

daihatsu cast

PT Daihatsu Astra Motor (ADM)  bersyukur masih bisa dipercaya oleh orang Indonesia. Secara umum penjualan terbanyak masih Daihatsu Gran Max, Xenia, Ayla, Terios dan lain-lainnya. Mengutip data Gaikindo, sampai bulan Oktober lalu, penjualan mobil Daihatsu sudah mencapai 140.723 unit atau dengan pangsa pasar 16,49 persen.

Dalam angka, target penjualan yang ditetapkan untuk tahun 2016 yakni mencapai 150.000 unit. Di sektor otomotif khususnya roda empat, kontribusi grup usaha Astra disumbangkan oleh Toyota Isuzu, Daihatsu, United Trucks dan Peugeot yang telah meluncurkan sedikitnya 14 varian baru tahun ini.

2

Hal tersebut diikuti oleh penurunan penguasa pasar otomotif yang semua 51% menjadi 50 %. Laba grup usaha otomotif ini pun tergerus sebesar 10%. Lalu apa yang akan terjadi pada pasar otomotif 2016 ?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY