Anda Percaya Mitos Mengemudi Ini?

Anda Percaya Mitos Mengemudi Ini?

1062
0
BERBAGI

Anda salah satu orang yang percaya jika memanaskan mesin mobil sebelum mulai mengemudi itu baik ? Wah.. Anda telah melakukan kesalahan dan membuang-buang waktu, kecuali jika anda mengemudi mobil 20 tahun lalu.

warming-car

Saat ini mesin kendaraan baik itu roda empat atau roda dua sudah di desain dengan baik sehingga mesin tidak perlu lagi dipanaskan untuk mendapatkan sushu optimal kerja mesin. Alasan utama, kebutuhan bahan bakar untuk proses pembakaran telah diatur dengan mumpuni oleh Electronic Control Unit (ECU).

Berlama-lama memanaskan mesin mobil sebelum memulai perjalanan masih menjadi kebiasaan, terutama di pagi hari atau ketika mobil sudah didiamkan (lebih dari 6 jam). Dampaknya, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) justru akan semakin boros dan meningkatkan gas limbah polusi.

hemat-bbmmobil

Saat kondisi idle, hanya sedikit kemungkinan asap knalpot masuk ke dalam kabin. Namun yang perlu dikhawatirkan ketika mobil dipanaskan di ruang tertutup, misalnya garasi atau parkiran gedung. Konsentrasi gas buang akan meningkat karena asap terperangkap di ruang yang minim sirkulasi.

memanaskan-mobil2

Bila masih ragu, anda cukup memanaskan mobil dengan mesin injeksi dengan waktu singkat. Cara mudah mengamati mesin sudah dalam kondisi siap jalan dengan memperhatikan indikator temperatur mesin. Bila normal, jarum penunjuk perlahan naik ke posisi tengah, setelah mobil siap digunakan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY