Review Suzuki Ertiga Facelift

1126
0
BERBAGI

Suzuki Ertiga mengawali debutnya di Indonesia sebagai mobil konsep pada tahun 2010 di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 dan mulai diproduksi tahun 2012. Setelah tiga tahun berselang, barulah Ertiga mendapatkan penyegaran dan perdana diperkenalkan di GIIAS 2015.

Pihak suzuki mengatakan, setidaknya ada 30 perubahan pada mobil ini. Kami tidak akan membahas satu persatu apa saja perubahannya, karena kami sudah pernah mengulasnya dalam artikel berjudul Ini Dia 30 Perubahan Yang Ada Pada Suzuki New Ertiga.

Exterior

Apabila diperhatikan, tampilan luar New Ertiga memang masih terlihat mirip seperti model sebelumnya. Akan tetapi Suzuki sudah menghadirkan beberapa ubahan untuk mobil ini, seperti pada desain grill yang lebih besar, fog lamp yang dihiasi krom, desain bumper depan dan belakang dengan desain baru, garnish pintu yang dilapisi krom, serta velg berdiameter 15 inch dengan desain baru.

Interior

Sedangkan pada interior, ertiga mendapatkan penyegaran pada Dashboard, head unit baru, jok berbahan fabrik dengan corak baru, serta sistem pelipatan jok baris ketiga 50:50.

Impresi

Mengendarai Ertiga terbaru ini rasanya tak jauh beda dari sebelumnya, hanya saja perlu dicatat bahwa ada beberapa penurunan spek untuk mobil ini, seperti hilangnya ABS padahal di Ertiga lama ada. Menurut kabar, ini adalah salah satu strategi pemasaran suzuki untuk memunculkan varian Ertiga baru dengan fitur yang lebih lengkap. Itulah kenapa pada semua varian Ertiga facelift tidak dilengkapi dengan ABS.

Selain itu, tenaganya juga ikut disunat. Meskipun masih memakai mesin lama 1.400cc berkode K14B, tapi tenaga yang dihasilkan kini menjadi 92 hp dan torsi 130 nm, lebih kecil dari tenaga Ertiga lama yang mencapai 95 hp. Namun Suzuki mengklaim bahwa penurunan tenaga tersebut membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit.

Untuk transmisinya, semua tersedia dalam pilihan manual dan otomatis kecuali tipe terendah yaitu tipe GA hanya manual. Mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp 181.000.000 hingga Rp 218.000.000.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY