3 Peristiwa Otomotif yang Paling Menyita Perhatian Sepanjang 2015

3 Peristiwa Otomotif yang Paling Menyita Perhatian Sepanjang 2015

1196
0
BERBAGI

Sepanjang tahun 2015, tercatat ada beberapa peristiwa yang berkaitan dengan dunia otomotif dan cukup menyita perhatian. Beberapa diantaranya cukup berdampak besar dalam dunia otomotif internasional seperti kasus skandal manipulasi uji emisi oleh Volkswagen misalnya.

Berikut ini kami mencoba menampilkan tiga diantaranya, baik peristiwa internasional maupun nasional yang cukup menyita perhatian sepanjang tahun:

1. Skandal Penipuan Hasil Uji Emisi Volkswagen

Nampaknya, kasus manipulasi hasil uji emisi yang dilakukan oleh Volkswagen (VW) adalah kasus terbesar sepanjang tahun ini. Penggunaan perangkat lunak khusus yang dipasangkan saat pengujian membuat mobil-mobil VW yang diuji, terutamanya mobil bermesin diesel, terlihat memenuhi standar emisi yang ditetapkan.

vw group scandal

Terbongkarnya penipuan ini membuat VW terpaksa menarik jutaan unit mobil yang dicurigai curang tersebut pada awal Januari 2016 sekaligus mengakibatkan CEO VW Martin Winterkorn mengundurkan diri dari jabatannya sebagai wujud tanggung jawab moral.

VW bahkan disebut akan melepas beberapa anak perusahaannya untuk menutup biaya recall. Kasus ini membuat VW harus mengubur impiannya menjadi merek terbesar di dunia pada 2018 nanti.

2. Dua Eksibisi Otomotif Besar dalam Waktu Bersamaan

Setelah sebelumnya Indonesia dikenal memiliki ajang eksibisi otomotif bertaraf internasional dengan nama Indonesia International Motor Show (IIMS), tahun ini Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memutuskan untuk menggelar sendiri eksibisinya dibawah nama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Kedua gelaran otomotif akbar ini diselenggarakan dalam waktu yang bersamaan pada tanggal 20-30 Agustus 2015 lalu.

IIMS 2015 2

GIIAS 2015 diselenggarakan oleh PT Amara Tujuh Perjuangan (SEVEN) yang boleh dibilang merupakan pecahan dari Dyandra Promosindo karena didirikan oleh sejumlah mantan manajemen atas Dyandra dengan menggandeng koleganya. Perpecahan ini disebabkan oleh keputusan Dyandra untuk menjadi perusahaan publik dengan masuk ke lantai bursa.

48GIIAS-2015-LEAD

Meskipun tidak diketahui apa alasan kedua event akbar ini digelar bersamaan, namun perolehan yang diraih saat menggelar pameran bersamaan nampaknya membuat kedua ajang eksibisi bertaraf internasional ini memutuskan untuk tidak menggelar eventnya diwaktu bersamaan pada tahun depan. IIMS 2016 dikabarkan akan diselenggarakan bulan April, sementara GIIAS 2016 pada bulan Agustus.

3. General Motors Menutup Pabriknya di Indonesia

General Motors (GM) membuat keputusan yang cukup mengejutkan dengan menutup pabriknya yang terletak di Pondok Ungu, Bekasi. Sebagai informasi, pabrik GM sendiri baru saja dihidupkan kembali pada tahun 2013 lalu guna menjadikan Indonesia sebagai basis produksi Chevrolet Spin.

chevrolet-spin3

Munculnya LMPV Honda Mobilio membuat laju penjualan Spin tak sebaik yang diharapkan. Padahal tadinya Chevrolet Spin dipersiapkan untuk bersaing dengan Avanza maupun Xenia. Hal ini membuat rencana GM tersebut pupus karena angka penjualannya tak sebanding dengan angka produksinya.

Penutupan pabrik GM tersebut berdampak dengan pemutusan hubungan kerja terhadap 500 tenaga kerjanya. Saat ini GM Indonesia memilih untuk menjadi importir dan mendatangkan produk Chevrolet dari negara tetangga.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY