Ingin Kurangi Polusi Asap Kendaraan Bermotor, Ini yang Dilakukan Pemerintah India

Ingin Kurangi Polusi Asap Kendaraan Bermotor, Ini yang Dilakukan Pemerintah India

830
0
BERBAGI

Polusi yang semakin parah di India membuat Pemerintah India harus segera menemukan solusi dari permasalahan tersebut, apalagi India diketahu telah menjadi salah satu negara dengan tingkat polusi tinggi di Asia.

Sebagai langkah awal, Pemerintah India akan menerapkan pembatasan penggunaan kendaraan di jalan raya dengan sistem penerapan nomor kendaraan ganjil dan genap seperti yang sudah pernah akan diberlakukan di Jakarta, meskipun akhirnya hingga kini belum terlaksana.

Cara ini ternyata efektif saat dilakukan di New Delhi dan berhasil mengurangi tingkat polusinya. Bagi anda yang belum mengetahui teknis peraturan ini, penerapannya adalah dengan menggilir penggunaan kendaraan berdasarkan angka terakhir pada kendaraannya.

Misalkan plat mobil anda memiliki angka terakhir ganjil, maka mobil anda hanya boleh dipergunakan pada hari dengan tanggal ganjil, begitu pula sebaliknya jika plat kendaraan anda berakhiran angka genap, maka kendaraan anda hanya boleh dipergunakan pada tanggal genap.

Pemerintah India sendiri telah menyiapkan sedikitnya 3000 bus guna mendukung kebijakan tersebut sekaligus memfasilitasi masyarakat yang kebagian tanggal tidak boleh menggunakan kendaraan pribadinya.

Saat ini peraturan tersebut akan segera diuji coba selama 15 hari dan hanya diberlakukan untuk mobil saja, sementara sepeda motor tidak.

Pertanyaannya, kapan peraturan serupa jadi diterapkan di Jakarta ya? Atau ada solusi lain yang lebih efektif?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY