Honda HR-V Prestige Review

4635
0
BERBAGI

Saat ini, tren mobil di dunia sedang marak dengan kendaraan berjenis crossover, dan Honda punya HR-V sebagai wakilnya di segmen ini. Honda HRV sebenarnya bukan nama baru bagi Honda, karena Honda sudah memakai nama tersebut untuk mobil SUV yang diluncurkan pada tahun 1999 sampai 2006. Dan generasi terbarunya kini beralih ke segmen crossover atau LSUV dengan memakai Honda Jazz sebagai basisnya. Honda HRV terbaru ini pertama kali dikenalkan di Tokyo Motor Show (TMS) pada bulan November 2013 (dikenal juga sebagai Honda Vezel) dan mulai dipasarkan di Jepang dibulan Desember 2013. Untuk Indonesia, HR-V muncul perdana di IIMS 2014.

Eksterior

Honda HR-V ditawarkan dalam pilihan mesin berkapasitas 1.5 L dan 1.8 L. Berhubung yang kami ulas kali ini adalah tipe Prestige, maka mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 1.8 L seperti pada Honda Civic.

Desain eksterior Honda HR-V tipe Prestige tak jauh berbeda dengan HR-V bermesin 1.5 L. Meski begitu, ada beberapa hal yang membuat tipe ini lebih mewah seperti lampu depan dengan LED DRL & LED Projection headlamp dengan fitur auto leveling.

Velg tipe Prestige berukuran 17 inci dengan aksen two tone dan rem cakram di keempat rodanya. Selain itu ada panoramic sunroof dan antena berbentuk shark fin di bagian atasnya.

Interior

Kesan mewah langsung terasa saat masuk ke dalam kabin, mulai dari desain dasbor, soft material yang membungkus interiornya, dan beberapa instrumen lain seperti panel AC digital. Sayangnya, panel AC model seperti ini agak sedikit mengganggu konsentrasi berkendara karena tidak dapat dirasakan seperti AC dengan kenob atau tombol.

Instrument cluster-nya sedikit mengingatkan kami pada milik Honda Jazz, termasuk dengan eco indicator yang akan menyala dengan warna hijau jika kita mengemudi secara hemat bahan bakar, dan beralih ke biru saat berkendara dengan akselerasi lebih tinggi.

Head unit-nya produk after market model touch screen berukuran 7 inci dengan fitur-fitur menarik termasuk phone mirroring atau miracast yang dihubungkan melalui kabel HDMI serta kamera mundur.

Lingkar kemudinya juga cukup menarik karena terdapat audio switch control, pengaturan cruise control, tilt and telescopic steering dan juga paddle shift yang bisa mengoperasikan transmisi CVT mobil ini menjadi 7-percepatan seperti pada Honda Jazz.

Center console-nya dibuat tinggi dan terdapat electric parking brake dan auto brake hold serta hill start assist yang sangat membantu mencegah mobil meluncur ke bawah saat di tanjakan.

Seperti halnya Honda Jazz, HR-V juga mempunyai mode pelipatan jok Ultra Seat yang membuat akomodasi mobil ini sangat lapang. Untuk mengetahui beberapa mode pengaturan Ultra Seat, anda bisa melihatnya pada video review Honda Jazz dari kami.

Driving

Mesin 1.800 cc pada mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 139 hp dan torsi 169 nm. Meskipun berbagi mesin dengan Honda Civic, tenaga HR-V memang lebih kecil, berbeda dari Civic yang menghasilkan tenaga 141 hp dan torsi 174 nm.

Suspensi mobil ini nampaknya lebih mengejar ke arah kenyamanan seperti halnya Honda Jazz yang satu platform dengan mobil ini. Layaknya mobil bertubuh besar, HR-V masih terasa sedikit limbung saat bermanuver dalam kecepatan tinggi.

Di luar negeri, HR-V dilengkapi dengan lane watch yang kameranya diletakkan pada sisi bawah spion. Fitur ini membantu sekali untuk melihat blindspot. Sayangnya HR-V yang masuk Indonesia tidak dilengkapi dengan fitur serupa.

Safety

Urusan safety, HR-V boleh dibilang cukup lengkap, mulai dari airbag berjumlah 6 buah, sistem pengereman dengan ABS+EBD+BA dan Vehicle Stability Assist.

Untuk melihat harga dan spesifikasi lengkap mobil ini, anda bisa melihatnya pada tautan berikut ini.

TIDAK ADA KOMENTAR