SIM Digital Akan Gantikan SIM Konvensional di Masa Mendatang?

SIM Digital Akan Gantikan SIM Konvensional di Masa Mendatang?

1005
0
BERBAGI

Jika selama ini kita mengenal Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan wujud fisik berupa kartu yang wajib dibawa saat bepergian menggunakan kendaraan bermotor, apa yang anda bayangkan jika nantinya di kemudian hari SIM yang ada akan berupa aplikasi pada gadget anda?

Itulah yang sedang diupayakan oleh Departemen Transportasi Iowa, salah satu negara bagian di Amerika Serikat yang berencana membuat sistem SIM digital. Tak hanya itu, Departemen Transportasi Iowa bahkan telah menyiapkan investasi sebesar US$ 40.000 untuk mewujudkan sistem ini.

Langkah ini dilakukan untuk mengurangi biaya produksi SIM yang harus dikeluarkan pemerintah setempat serta menekan kemungkinan korupsi dari proses pembuatan SIM konvensional.

sim online

Cara kerja SIM digital ini dengan memunculkan peringatan pada gadget atau smartphone anda untuk memperlihatkan SIM pada petugas Polisi di smartphone milik sang petugas jika misalkan Polisi menghentikan kendaraan anda di jalan untuk memberikan tilang.

Jika anda terbukti melakukan pelanggaran lalu-lintas dan mendapat tilang, anda tinggal memindai sidik jari anda untuk kemudia membayar denda tilang langsung dari smartphone anda. Petugas Polisi pun tak perlu mengeluarkan surat tilang.

Meskipun praktis, muncul beberapa pertanyaan dari masyarakat terkait aplikasi ini seperti kemungkinan baterai gadget yang habis, pencurian identitas pengguna maupun sinyal jaringan yang buruk.

Oleh karena hal tersebut, beberapa kalangan menilai bahwa SIM konvensional tidak akan serta-merta menghilang begitu aplikasi ini ada dan diterapkan.

Bagaimana dengan di Indonesia? Apakah ada kemungkinan mengganti SIM konvensional menjadi digital seperti di Iowa? Sampaikan pendapat anda di kolom komentar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY