Menguak Sejarah Suzuki Jimny, Jelang Kedatangannya Dari Jepang

Menguak Sejarah Suzuki Jimny, Jelang Kedatangannya Dari Jepang

5457
0
BERBAGI

Wajar jika banyak anak muda sekarang tidak mengenal kebesaran serta kejayaan ‘ Suzuki Jimny ‘. Meski sudah berlalu, namun sejarah tetaplah penting.

Mobil ini merupakan SUV yang diproduksi oleh Suzuki sejak tahun 1968 untuk pasaran global. Hope Motor Company adalah nenek moyang Suzuki sebelum Jimny dirakit.

Suzuki Jimny LJ10

Jimny ini dirakit di Hamamatsu, Jepang dan Linares, Jaen, Spanyol. pada tahun 1970, Suzuki memperkenalkan LJ10 yang merupakan Jimny pertama. Pada saat tu, Jimny LJ10 adalah mobil bermesin dua tak 359 cc dua silinder dengan pendingin udara.

Pada akhirnya Suzuki Jimny LJ50 bermesin 550cc dihadirkan di Indonesia pada tahun 1979. Baru berikutnya menghadirkan Jimny Jangkrik LJ80 bermesin 800cc 4 silinder.

Seelah sukses, Suzuki Jimny ‘jangkrik’ tak mau berhenti begitu saja, sebagai pengganti Jimny Jangkrik maka hadir Suzuki Jimny SJ40 dengan mengusung mesin 1.000 cc dan mulai diproduksi di pabrik Suzuki Bekasi.

Mobil ini menggunakan mesin yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 45 dk dengan mengandalkan mesin berkode F10A. sistem pengeremannya menggunakan non-power assisted dengan rem berjenis tromol depan belakang.

Suzuki Jimny sj40

melalui seri ini Suzuki Jimny mulai berjaya di Tanah Air. mengandalkan bodi kompak dan kelincahannya bermanuver di ruang sempit, dan juga konsumsi bahan bakar nya irit.

Masa jaya Jimny ini pada era 90an, utamanya seri SJ410 dan SJ413 yang dikenal dengan nama ‘Sierra’ lalu mengembangkan produk Jimny yang lain, seperti Katana dan Caribian dan yang terakhir pada tahun 1998.

suzuki jimny katana

Pada era 90an sampai akhirnya di tahun 1998 Suzuki Jimny bermetamorfosa menjadi lebih modern, yang nantinya akan di hadirkan di Indonesia. lalu seperti apa Suzuki Jimny Akan Didatangkan Langsung dari Jepang ?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY