Saat melakukan perjalanan arus balik Lebaran menggunakan kendaraan pribadi, pengemudi dianjurkan rutin beristirahat dan memastikan tubuh dalam kondisi prima untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat kelelahan. Berdasarkan anjuran medis, berikut adalah waktu istirahat yang ideal:

  1. Setelah Menempuh 4 Jam Perjalanan: Tubuh tidak boleh diforsir, dan pengemudi sebaiknya berhenti di rest area setelah menempuh empat jam perjalanan. Istirahat setidaknya satu kali setiap empat jam akan membantu tubuh pulih dengan ideal dan menghilangkan rasa lelah sepenuhnya.

  2. Durasi Maksimal Berkendara: Menimbang fisik manusia normal dengan waktu tidur minimal tujuh jam dalam satu hari, waktu mengemudi paling maksimal adalah tiga jam saja. Lebih lama dari ini bisa memicu kelelahan, terutama jika otak dipakai berkonsentrasi dalam waktu lama.

  3. Tidur atau Membujurkan Badan: Ketika beristirahat, disarankan untuk tidur atau setidaknya membujurkan badan agar peredaran darah kembali lancar. Tidur tidak perlu terlalu lama, setidaknya 30 menit sudah cukup atau minimal rebahan. Posisi duduk lama dapat memperlambat sirkulasi darah.

Ingatlah untuk mengikuti anjuran di atas agar perjalanan arus balik tetap lancar dan aman. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pemudik! 🚗💤

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini