Kenali Berbagai Simbol Indikator Panel Pada Dasbor Mobil Anda

Kenali Berbagai Simbol Indikator Panel Pada Dasbor Mobil Anda

6718
0
BERBAGI
salah satu model Nissan yang terkena recall terkait kerusakan airbag (foto : Nissan Motor Indonesia)

Sebagai pemilik kendaraan pribadi, pasti anda akan menemukan berbagai simbol berupa indikator panel pada dasbor mobil. Namun belum semua dari pemilik mobil memahami simbol-simbol tersebut. Padahal beberapa fitur yang terdapat pada dasbor merupakan peringatan, mulai dari taraf normal hingga membahayakan yang digambarkan dengan warna lampu yang menerangi simbol tersebut.

Pada dasarnya ada sekitar 150 simbol yang digunakan lebih dari 30 merek otomotif terbesar di dunia sejak tahun 2005. Kedipan warna pada simbol tersebut memang untuk memberitahukan kepada pengendara untuk segera melakukan tindakan atas batas toleransi standar pabrik.

Warna hijau berarti kondisinya masih baik-baik saja, dan tetap lakukan perawatan kendaraan berkala sesuai anjuran buku panduan. Kedipan kuning berarti ada masalah yang agak serius pada elemen tersebut. Sedangkan untuk kedipan merah pada simbol menandakan Anda harus segera melakukan perbaikan pada kendaraan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Penting kiranya untuk memahami semua simbol yang ada pada dasbor mobil Anda. Dengan begitu, Anda akan menguasai dan mengetahui sebab ketika kebetulan mobil mengalami masalah dalam perjalanan.

Dibagi menjadi 3 kategori simbol sesuai dengan fungsinya.

Simbol peringatan

Simbol Pada Mobil

Jika Anda melihat salah satu simbol berikut seperti sistem pengereman, temperatur oli, level ketinggian oli, serta kelistrikan pada dasbor Anda, segeralah ambil tindakan dengan melakukan perbaikan atau memeriksakan hal tersebut ke bengkel resmi. Karena jika simbol peringatan ini menyala, Anda disarankan untuk tidak menggunakan atau meneruskan perjalanan dengan kendaraan tersebut.

Sebagai catatan, apabila mengabaikan simbol ini, beberapa elemen atau sensor khusus pada kendaraan akan berhenti bekerja dan berpotensi merusak bagian penting pada mesin kendaraan Anda.

Simbol rutinitas

Simbol Pada Mobil

Nah, untuk simbol-simbol ini merupakan penunjukkan kebutuhan rutin pada kendaraan Anda. Misalnya kebutuhan untuk mengisi cairan pembersih kaca (wiper), memperingatkan ada pintu yang belum tertutup sempurna, atau pemberitahuan tekanan ban. Anda perlu untuk selalu memantau indikator-indikator ini karena mereka menggambarkan kondisi mesin melalui sensor-sensornya.

Simbol penerangan pencahayaan

Simbol Pada Mobil

Beberapa simbol di atas berhubungan dengan sistem pencahayaan kendaraan Anda. Simbol-simbol ini hadir secara umum pada semua jenis kendaraan, baik pada jenis sedan, minivan, bus, maupun truk.

Mengenal dan mengetahui jelas fungsi dan peringatan pada mobil ini akan membantu anda menjaga keselamatan selama di perjalanan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY