Bagaimana Cara Membaca Kode Ban Mobil Yang Tepat?

Bagaimana Cara Membaca Kode Ban Mobil Yang Tepat?

3871
0
BERBAGI

Salah satu komponen yang berperan sangat penting pada kendaraan adalah ban. Berfungsi khusus dan sangat penting dalam perananya menentukan keselamatan anda dalam berkendara.

Sehubungan dengan fungsi ban pada kendaraan yang sangat penting, maka anda perlu mengetahui cara memilih/membaca kode ban agar sesuai dengan kebutuhan dan mudah dalam cara pemakaian juga perawatan.

Berikut adalah 3 kode ban mobil yang dapat digunakan untuk membantu menemukan ban yang tepat untuk mobil anda :

ban mobil-kode

  1. Tipe dan Ukuran:

Apabila Bila anda perhatikan, pada sisi luar ban tertulis kode205/60R16 92H. itu maksudnya adalah :

205 (mm) merupakan lebar tapak ban yang menempel ke permukaan jalan, dihitung dari ujung kedua sisi.

60 merupakan aspect ratio ketinggian dari ban. 60 artinya bahwa tinggi ban sama dengan 60% x 205 (mm) = 123 mm

Konstruksi ”R” adalah singkatan dari radial, yang berarti bahwa lapisan benang, yang merupakan lapisan fabric yang membentuk tubuh ban, disusun secara radial dan tegak lurus dari ujung rim satu ke ujung lainnya.

16 menunjukkan diameter lingkar roda alias velg. Popular disebut dengan ring 16.

92 menunjukkan angka indeks berat maksimal yang dapat dipikul oleh ban. Index beban adalah kapasitas maksimum beban dalam kilogram yang mampu diterima ban saat berada pada tekanan yang benar. Anda juga dapat menemukan kapasitas maksimum beban dalam satuan pounds dan kilogram tercetak pada sisi samping ban.

Tingkat kecepatan adalah kapasitas maksimum yang dapat diterima pada ban. “H” berarti bahwa maksimum kecepatan yang dapat di lampaui ban tersebut adalah 210 km/jam. Tingkat kecepatan ini hanya kapasitas maksimum dari kecepatan ban, dan bukan direkomendasikan sebagai batas limit maksimum kecepatan tinggi

Ban mobil-kode produksi

2. Usia Ban

Bila anda melihat angka ini pada sisi ban, yang perlu anda tahu adalah ini merupakan waktu produksi ban. Jadi dua angka pertama adalah angka minggu, selanjutnya dua angka berikutnya adalah angka tahun. Jika melihat pada gambar diatas 1911 berarti ban tersebut diproduksi pada minggu ke 19 tahun 2011.

3. Tread Wear Indication (TWI) / Indikasi Batas Pemakaian
Indikator

Tread Wear Indication (TWI) / Indikasi Batas Pemakaian
Indikator ini berfungsi sebagai penanda bahwa jika tapak (tread) ban sudah menyentuh batas TWI maka ban sudah kurang layak untuk dipakai dan disarankan untuk diganti yang baru. Batas TWI ini ada 2 jenis yaitu TWI pada tapak ban dan TWI pada dinding ban. Dan biasanya ban baru mempunyai kedua-duanya.

Jika anda mengetahui cara membaca kode ban tersebut, anda dapat lebih kritis dalam memilih ban kendaraan dengan spesifikasi dan kemauan anda.

Baca juga : Ban Mobil Cepat Rusak, Kenali Faktor Pemicunya

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY