Meski Komponen Lokal All New Fortuner Lebih Banyak, Kenapa Harga Jualnya Tidak...

Meski Komponen Lokal All New Fortuner Lebih Banyak, Kenapa Harga Jualnya Tidak Turun?

1196
0
BERBAGI

Tak seperti kompetitor lain yang masih mendatangkan SUV-nya secara impor atau CBU (Completely Built Up), Toyota memproduksi All New Fortuner di dalam negeri. Tak hanya itu, mobil ini bahkan sudah menggunakan komponen lokal yang mencapai 75%, meningkat 15% dari generasi sebelumnya yang hanya 60% menggunakan komponen lokal.

Di atas kertas, SUV bongsor seharusnya bisa dijual dengan harga yang lebih terjangkau ketimbang jika didatangkan utuh dari negara lain. Namun kenapa Fortuner justru mendapatkan kenaikan harga yang cukup besar, yakni mulai dari Rp 17 juta – Rp 28 juta untuk tipe 4X2?

fortuner

Belum lagi, jika nanti Mitsubishi All New Pajero yang didatangkan dari Thailand diluncurkan dengan rentang harga yang setara dengan Fortuner, bukankah ini akan menjadi tanda tanya besar bagi konsumen karena harga jual produk CBU tak jauh beda dengan harga produk CKD (Completely Knock Down)? Tentunya konsumen berharap mobil produk CKD dengan kandungan komponen lokal mencapai 75% akan lebih murah.

Menurut Toyota, meskipun Fortuner terbaru dibuat dengan komponen lokal yang lebih banyak, ini tak lantas membuatnya jadi lebih murah, karena ada beberapa faktor lain yang turut mempengaruhi harga jual seperti biaya pengiriman, pajak, pemeliharaan dan lain-lain.

Baca juga: Toyota Kucurkan Dana Rp 4,9 Triliun Untuk Investasi Innova dan Fortuner

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY