Kasus Airbag Tak Kunjung Usai, Bos Takata Berniat Untuk Mengundurkan Diri

Kasus Airbag Tak Kunjung Usai, Bos Takata Berniat Untuk Mengundurkan Diri

1198
0
BERBAGI
CEO Takata Shigehisa Takada saat mengumumkan niat untuk mengundurkan diri dari jabatannya akibat kasus airbag (Foto : Reuters)

Permasalahan terkait tidak mengembangnya airbag buatan Takata yang terpasang pada sejumlah merek mobil di dunia membuat Chief Executive Officer (CEO) Shigehisa Takada berniat untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

Sebelum ini, Takata berencana untuk berdialog dengan sejumlah perusahaan otomotif seperti Honda Motor Co, Toyota Motor Corp, Nissan Motor Co, BMW AG, dan Volkswagen AG untuk mengemukakan kondisi bisnis dan keuangan Takata yang semakin memburuk karena harus menghadapi sejumlah denda dan kerugian lainnya akibat airbag buatannya gagal mengembang.

takata ceo 2

Tak hanya itu, beberapa pabrikan bahkan memutuskan untuk putus hubungan dengan tidak memakai Takata lagi sebagai produsen airbag-nya. Wajar saja, karena gagal mengembangnya airbag buatan Takata membuat para automaker harus melakukan penarikan pada mobil-mobilnya yang menggunakan airbag Takata. Tercatat ada sebanyak 60 juta unit mobil di seluruh dunia yang harus ditarik karena permasalahan ini.

Takata terkena sanksi denda sebesar USD 70 juta atau senilai Rp 968 miliar karena sejumlah kasus airbag gagal mengembang yang telah menewaskan 10 orang di seluruh dunia. Selain itu, Takata juga harus membayar sebesar USD 130 ribu atau sekitar Rp 1,7 miliar untuk penyelesaian hukum pada Lembaga Urusan Lalu Lintas Amerika Serikat.

Baca juga: Toyota Tegaskan Masih Tetap Menjalin Kerjasama dengan Takata

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY