Ford Indonesia Ditutup, All New Pajero Sport Resmi Meluncur, Honda Jade Masuk Indonesia? – Otoweekly

639
0
BERBAGI

Kami telah merangkum lima berita pilihan dalam sepekan yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

  1. Ford Hengkang dari Indonesia

Kabar mengejutkan datang dari pabrikan asal Amerika Serikat, Ford, yang secara tiba-tiba mengumumkan akan menutup jaringan bisnisnya di Indonesia yang meliputi proses penjualan, impor resmi, serta penutupan dealer Ford di Indonesia.

Pengumuman ini disampaikan PT Ford Motor Indonesia melalui laman resminya di ford.co.id pada hari Senin (25/1/2016). Hengkangnya Ford dari Indonesia disebabkan tidak adanya peningkatan signifikan dari sisi penjualan dan dirasa cukup sulit untuk menaikkan pangsa pasar dalam negeri.

Tidak adanya fasilitas produksi lokal serta absennya Ford menghadirkan kendaraan di segmen utama membuat Ford sulit bersaing secara bisnis di Indonesia. Bahkan menurut data, tahun lalu Ford hanya mendapatkan 0,6% pangsa pasar mobil di Indonesia atau menjual sekitar 6.013 unit sepanjang 2015.

  1. Mitsubishi All New Pajero Sport Resmi Diluncurkan

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors sebagai distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia resmi meluncurkan Mitsubishi All New Pajero Sport pada hari Jumat, 29 Januari 2016.

All New Pajero Sport diluncurkan dengan mengusung tema ‘A Vision to Explore’ dan memiliki basis pengembangan yang berbeda dari All New Triton. Ini berarti Pajero Sport tidak seperti Fortuner yang berbagi platform dengan Hilux.

SUV milik Mitsubishi ini ditawarkan dalam empat varian yaitu tipe Exceed 4×2 AT dan GLX 4×4 MT yang memiliki transmisi 5-percepatan. Dua tipe lainnya yaitu tipe Dakar 4×2 AT dan Dakar 4×4 AT, keduanya dibekali dengan transmisi 8-percepatan. Untuk harganya, All New Pajero Sport dijual dengan harga mulai dari Rp 446 juta – Rp 623 juta.

Untuk mesinnya, Pajero Sport hadir dalam dua pilihan mesin diesel yakni mesin lama berkode 4D56 dengan kapasitas 2.5L untuk tipe GLX dan Exceed serta varian mesin diesel baru dengan kode 4N15 MIVEC berkapasitas 2.4L turbo  pada tipe Dakar.

  1. Penjualan Fortuner dalam Seminggu

Seminggu setelah peluncurannya,Toyota All New Fortuner diklaim telah mencatatkan angka penjualan sebanyak 1.500 unit sejak pertama membuka selubung pada 22 Januari 2016 lalu. Dapat dipastikan bahwa angka ini akan terus bertambah di masa mendatang.

Pihak Toyota menyatakan bahwa angka 1.000 unit dari total kendaraan yang sudah laku terjual didapatkan pada hari perdana peluncuran SUV bongsor ini dengan model VRZ berpenggerak 4×2 menjadi tipe yang paling banyak diminati. Raihan ini sekaligus membuat All New Fortuner memenuhi target yang diharapkan oleh Toyota.

Sebagai informasi, All New Fortuner diproduksi sebanyak 6.000 unit perbulannya. Angka ini bisa bertambah jika permintaan pasar menunjukkan tren yang bagus. Sebanyak 60% dari total produksi tersebut juga digunakan untuk keperluan ekspor.

  1. Kasus Airbag Tak Kunjung Usai, Bos Takata Berniat Untuk Mengundurkan Diri

Permasalahan terkait tidak mengembangnya airbag buatan Takata yang terpasang pada sejumlah merek mobil di dunia membuat Chief Executive Officer (CEO) Shigehisa Takada berniat untu mengundurkan diri dari jabatannya.

Sebelum ini, Takata berencana untuk berdialog dengan sejumlah perusahaan otomotif pengguna produknya untuk mengemukakan kondisi bisnis dan keuangan Takata yang semakin memburuk karena harus menghadapi sejumlah denda dan kerugian lainnya akibat airbag buatannya gagal mengembang.

Sebagai informasi, Takata terkena sanksi denda sebesar USD 70 juta atau senilai Rp 968 miliar karena sejumlah kasus airbag gagal mengembang yang telah menewaskan 10 orang di seluruh dunia. Selain itu, Takata juga harus membayar sebesar USD 130 ribu atau sekitar Rp 1,7 miliar untuk penyelesaian hukum pada Lembaga Urusan Lalu Lintas Amerika Serikat.

  1. Rumor Honda Jade

Pasar kendaraan berjenis MPV  yang kian marak membuat Honda mempertimbangkan untuk membawa Honda Jade ke Indonesia.  Tahun lalu PT Honda Prospect Motor diketahui telah mengajak sejumlah jurnalis Indonesia melakukan test drive Honda Jade di Tokyo, Jepang. Inilah yang membuat beberapa kalangan meyakini bahwa Honda Jade akan segera menjadi lini baru Honda di Indonesia.

Hingga kini, pihak HPM masih melakukan kajian mengenai mobil ini, apalagi harga jual Honda Jade dianggap akan sangat tinggi jika dipasarkan di dalam negeri nantinya. Honda Jade menggunakan mesin baru VTEC Turbo berkapasitas 1.500 cc dan jika jadi dipasarkan di Indonesia, posisi Honda Jade akan berada di antara Honda Freed dan Honda Odyssey, sekaligus menjadi rival berat bagi Toyota Innova.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY