First Impression: Toyota All New Fortuner 2016 Indonesia

1871
0
BERBAGI

Toyota membuka tahun 2016 dengan meluncurkan All New Fortuner pada 22 Januari 2016 yang lalu. Di beberapa negara lain, Fortuner terbaru sudah diperkenalkan pada pertengahan tahun 2015. Untuk pembuka tahun 2016, boleh dibilang Fortuner akan langsung bersaing ketat dengan All New Pajero Sport yang sedianya meluncur seminggu setelah Fortuner.

Unit yang kami ulas kali ini adalah tipe tertinggi untuk model berpenggerak 4×2, yakni tipe VRZ 2.4 L A/T yang menggunakan mesin diesel berkapasitas 2.4 L baru. Meskipun selisih 100 cc dari mesin lawasnya yang berkapasitas 2.5 L, namun tenaga Fortuner anyar naik menjadi 149 hp dengan torsi 400 Nm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 6-percepatan.

Eksterior

All New Fortuner menggunakan platform Innovative International Multi Purpose Vehicle (IMV) yang juga digunakan oleh Innova dan Hilux terbaru. Desainnya kini lebih modern dan terlihat ramping. Penggunaan bi-beam LED ditempatkan pada lampu berdesain menyipit, berbagi tempat dengan LED DRL yang terletak diatas headlampnya. Aksen krom nampak membingkai foglamp dan grillnya yang bergaya baru.

Desain samping bodi mobil nampak memiliki tarikan garis yang lebih dinamis dan kesan gagah muncul dari penggunaan velg berukuran 18 inci yang dipakainya. Fortuner terbaru mendapatkan roof rails sebagai standarnya, namun tidak memiliki panoramic/sunroof seperti lawan-lawannya.

Beralih ke belakang, desain lampu belakangnya juga cukup simple dan tidak berlebihan. Antena di atas menggunakan bentuk shark fin. Nampak kamera parkir dipasangkan dekat door handle pintu bagasi. Empat buah sensor parkir dapat anda jumpai pada bumper belakang.

Fortuner memberikan kemudahan untuk mengakses pintu bagasi, karena anda dapat membukanya melalui tiga cara: menggunakan tombol pada smart-key, door handle maupun tombol yang terletak pada sisi kanan dari lingkar kemudi. Untuk menutupnya pun anda cukup menekan tombol yang ada pada pintu bagasi.

Interior

Kabin mobil ini terasa cukup mewah dengan aksen gelap dan material soft touch. Seperti halnya All New Kijang Innova, glove box mobil ini juga dilengkapi cooler box yang berguna sekali untuk menjaga temperatur minuman anda tetap segar dan dingin, misalkan. Head unitnya juga mengadopsi milik Innova, yakni layar sentuh berukuran 8 inci dengan beragam fitur termasuk air gesture dan miracast. Selain itu, head unit ini sudah dibekali dengan navigasi satelit.

All New Fortuner telah menggunakan start/stop button, dan ketika dinyalakan maka getaran mesin mobil ini cukup terasa keras. Lingkar kemudinya dilapisi kulit dan mendapatkan tombol-tombol pengaturan di bagian kiri dan kanan palangnya. Pengaturan setir dapat diatur secara tilt maupun telescopic. Multi Information Display yang disematkan juga cukup menarik. Informasi yang ditampilkan juga cukup lengkap, tak hanya berkisar seputar kecepatan, RPM atau indikator bahan bakar saja.

Jok yang digunakan berbahan kulit dan cukup tebal. Untuk bagian pengemudi, joknya bisa diatur secara elektrik. Pada konsol tengah terdapat arm-rest dengan kapasitas penyimpanan dibawahnya yang cukup luas. Anda juga akan menemukan tombol pengaturan driving mode yang mempunyai pilihan eco mode dan power mode. Sayang sekali parking brake mobil ini masih menggunakan tuas manual, bukan jenis elektrik seperti kompetitornya.

Pindah ke baris kedua, luas kabin cukup lapang meskipun masih kalah dengan beberapa kompetitor. Melipat bangku baris kedua pun cukup mudah karena pelipatannya dapat menggunakan tuas jenis one touch tumble. Fortuner anyar memberikan head up monitor pada plafon bagian tengah baris kedua yang berfungsi sebagai layar entertainment. Power outlet untuk mengisi ulang daya gadget anda juga sudah diberikan pada mobil ini, yakni terletak di bagian belakang konsol tengah.

Salah satu yang menarik dari bangku baris kedua adalah arm restnya yang dibuat terpisah dengan cup holder. Selain itu, masing-masing bangku sudah mendapatkan seatbelt tiga titik dan ISOFIX.

Beralih ke bangku ketiga, terasa bahwa meskipun SUV ini berbadan besar, namun penumpang di baris ketiga masih tidak mendapatkan akomodasi yang lapang. Jika anda memiliki postur tubuh yang cukup besar dengan tinggi di atas 170 cm, maka sebaiknya menghindari duduk pada baris ketiga jika ingin mendapatkan kenyamanan yang leluasa. Kapasitas bagasinya juga tak bisa dibilang luas, karena pelipatan kursi baris ketiga masih serupa Innova, yakni dilipat menggantung pada sisi dinding mobil, tidak rata lantai seperti kompetitor lain.

Harga

All New Fortuner adalah produk CKD (Completely Knock Down) dengan penggunaan komponen lokal mencapai 75%. Secara logika, maka seharusnya mobil ini lebih murah daripada kompetitor lain. Namun ternyata harga jual mobil ini berkisar antara Rp 442 juta hingga Rp 600 jutaan.

Harga lengkap Toyota All-New Fortuner
Toyota Fortuner G 2.4 M/T 4×2 Rp 442 juta
Toyota Fortuner G 2.4 A/T 4×2 Rp 460 juta
Toyota Fortuner G 2.4 A/T 4×4 Rp 557 juta
Toyota Fortuner SRZ 2.7 4×2 A/T Rp 509,1 juta
Toyota Fortuner VRZ 2.4 4×2 A/T Rp 494 juta
Toyota Fortuner VRZ 2.4 M/T 4×4 harga sesuai pesanan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY