JAKARTA, 19 April 2024Merapah Trans Jawa 2024, sebuah perjalanan epik yang menelusuri pesona Pesisir Selatan Jawa, menghadapi tantangan tak terduga. Salah satu mobil yang digunakan, Daihatsu Gran Max, mengalami overheat di tengah perjalanan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Ketidaklalai-an Saat Cek Radiator

Overheat pada mobil seringkali disebabkan oleh ketidaklalai-an saat cek radiator. Saat mengecek radiator, perhatikan kembali saat menutupnya, karena jika lalai akan berpotensi menyebabkan mesin menjadi overheat. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Periksa Tutup Radiator: Setelah mengisi air radiator, pastikan tutupnya tertutup dengan rapat. Jika tutupnya terbuka, udara bisa masuk ke dalam sirkulasi dan mengganggu pendinginan mesin.
  2. Cek Kondisi Air Radiator: Pastikan air radiator tidak terkuras habis. Jika air sudah habis, mesin bisa mengalami overheat. Jika terjadi kebocoran, segera perbaiki.
  3. Buang Udara yang Terperangkap: Jika mesin mengalami overheat setelah menambah air radiator, kemungkinan ada udara yang terperangkap dalam sirkulasi. Buang udara tersebut melalui saluran khusus yang ada di bagian atas radiator.

Pentingnya Perawatan Radiator

Radiator adalah komponen vital dalam sistem pendinginan mobil. Ketidaklalai-an dalam perawatan radiator dapat berakibat fatal. Beberapa tindakan yang perlu dilakukan:

  • Periksa Secara Berkala: Lakukan pemeriksaan rutin pada radiator dan pastikan tidak ada kebocoran.
  • Isi Air Radiator dengan Benar: Isi air radiator saat mesin dalam kondisi mati. Jangan lupa buang udara yang terjebak.
  • Perhatikan Suhu Mesin: Jika suhu mesin naik, segera hentikan kendaraan dan periksa radiator.

Ingatlah, jangan lalai saat cek radiator. Keselamatan dan kinerja mobil Anda bergantung padanya. Semoga perjalanan Merapah Trans Jawa 2024 tetap lancar dan aman!

Sumber

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini