Airbag Continental Bermasalah, 5 Juta Mobil di Seluruh Dunia Terpaksa Ditarik

Airbag Continental Bermasalah, 5 Juta Mobil di Seluruh Dunia Terpaksa Ditarik

822
0
BERBAGI

Belum usai permasalahan yang menimpa produsen airbag asal Jepang, Takata, terkait gagal mengembangnya airbag buatan mereka, kali ini produsen airbag lainnya, yakni Continental Automotive System asal Jerman yang ganti terkena kasus serupa.

Continental mengumumkan adanya cacat pada produk mereka yang mengakibatkan sedikitnya 5 juta mobil di seluruh dunia terpaksa ditarik untuk perbaikan. Sebanyak 1,5 sampai 2 juta mobil yang mengalami recall tersebut berada di Amerika Serikat. Beberapa merek mobil yang menggunakan airbag Continental antara lain: Honda, Fiat Chrysler Automobile dan Mercedes Benz.

Continental mengakui kepada Badan Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Amerika Serikat (NHTSA) bahwa sistem elektronik pada airbag produksinya pada periode 2006 hingga 2010 kemungkinan besar bermasalah. Selain diperkirakan tidak mengembang saat mobil kecelakaan, airbag Continental juga mengalami kemungkinan mengembang saat tidak diperlukan.

airbag recall

Menanggapi hal ini, Honda menyatakan bakal menarik 341 ribu Accord keluaran 2008-2010 yang menggunakan airbag Continental. Honda juga telah menerima laporan kasus dengan rincian dua orang luka, 1.575 klaim garansi serta 83 laporan lain.

Sejalan dengan Honda, pabrikan Fiat Chrysler turut menarik sebanyak 112 ribu mobil untuk kasus yang sama. Beberapa model mobil yang terpaksa ditarik adalah Dodge Journey keluaran 2009, Dodge Gran Caravan, Chrysler Town dan Chrysler Country 2008-2009, serta Volkswagen Routan 2009 yang merupakan produk kerjasama Volkswagen dengan Fiat.

Baca juga: Kasus Airbag Tak Kunjung Usai, Bos Takata Berniat Untuk Mengundurkan Diri

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY