Review Mazda 2 SkyActiv GT Indonesia

5161
0
BERBAGI

 

Sosok All New Mazda2 Skyactiv yang beredar kini hampir tak mengalami perubahan dengan versi konsepnya yang diperkenalkan di Geneva Motor Show 2014 silam dengan nama Mazda Hazumi Concept. Di beberapa negara lain, mobil ini dikenal juga sebagai Mazda Demio dan saat ni sudah mencapai generasi keempat.

Beberapa waktu lalu kami sudah pernah menampilkan first look dari mobil ini yang membahas sisi eksterior dan interiornya. Anda bisa menyaksikan kembali pada video berikut ini.

All New Mazda2 SkyActiv berbagi bahasa desain KODO dengan saudara-saudaranya seperti Mazda CX-5, Mazda6 hingga Mazda3, sehingga sudah tidak lagi berbagi platform dengan Ford Fiesta. Mazda2 ini hadir dengan dimensi yang lebih panjang dibandingkan dengan Mazda2 sebelumnya, hal ini karena All New Mazda2 memang didesain sama sekali baru dibandingkan dengan seri terdahulu. Mazda2 terbaru ini hadir dengan beberapa varian tipe, yaitu tipe V, R dan GT. Unit test drive kita kali ini adalah tipe GT yang merupakan tipe tertinggi.

Kesan pertama saat memasuki kabin dari All New Mazda2 adalah mewah dan seperti mobil Eropa. Desain dasbornya simpel dan dilapisi dengan soft material yang beraksen jahitan double stich, begitu pula pada joknya meskipun masih berbahan fabric, bukan kulit.

Salah satu yang kami suka dari mobil ini adalah adanya active driving display serta commander control yang mengingatkan kita pada BMW i-Drive. Fitur ini terhubung pada MZD connect di dasbor bagian tengah.

Mazda2 SkyActiv tipe GT ini memakai mesin bensin SkyActiv-G 1.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 110 hp dengan torsi 142 Nm. Tenaga lalu disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 6-percepatan.

Menurut kami, suspensi dari mobil ini terasa cukup kaku dan keras, sehingga memberikan imbas baik bagi karakter sporty-nya. Body roll walau masih sedikit terasa, namun cukup minim dan masih nyaman untuk digunakan bermanuver.

Kesenyapan kabinnya juga terbilang bagus, apalagi jika entertainment system-nya kita nyalakan maka suara-suara bising dari lalu lintas di sekitar kita bisa teredam dengan baik.

Fitur safetynya pun cukup lengkap, mulai dari rem dengan ABS, EBD, BA, Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), Emergency Stop Signal (ESS), Hill Launch Assist hingga 2 buah airbag. Mazda juga membekali mobil ini dengan Smart City Brake Support dan i-Stop.

Mazda2 skyactiv boleh dibilang menjadi mobil termahal di kelasnya untuk pasar di indonesia, yakni dengan harga tertinggi mencapai Rp 280 jutaan. Meskipun demikian, pembelinya akan mendapatkan fitur dan kenyamanan yang sepadan. Teknologi Skyactiv, desain keren, kenyamanan berkendara yang cukup baik dan didukung oleh fitur-fitur canggih membuatnya unggul dari kompetitornya.

Hanya saja, mobil ini meskipun sekarang lebih panjang dimensinya dari Mazda2 terdahulu, namun kapasitasnya ternyata tidak cukup luas, baik bagi Penumpang di row kedua maupun kapasitas kompartemen bagasi. Tapi kami jadi merasa paham mengapa Mazda memberikan second row yang tidak cukup lapang, yakni karena anda memang tak terlalu membutuhkan untuk menampung banyak penumpang di mobil ini. Aura sporty dan performa yang mantap membuat anda lebih pantas menunggangi mobil ini sendiri, atau berdua saja!

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY